Prioritas Pemkot Manado dari urgency Covid-19, Panggulangan kemiskinan hingga reformasi birokrasi

manadomanadoterkini.com, MANADO – Pemerintah Kota Manado menggelar penajaman program dan kegiatan prioritas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Manado tahun 2021 yang dilaksanakan melalui video conference dari selasa 12 Mei 2020 sampai jumat 15 Mei 2020. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kota Manado ini bertujuan untuk menetapkan program dan kegiatan yang akan dijadikan prioritas dalam pembangunan Kota Manado tahun 2021.

Semua kita mengetahui dan mengakui bahwa saat ini masyarakat sedang dilanda dengan pandemi Covid-19, yang tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan saja, tetapi juga sampai pada kelesuan kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat. Keadaan yang diproyeksikan akan berdampak pada pembangunan tahun 2021 ini telah dipersiapkan oleh Pemerintah Kota Manado dengan mengangkat tema RKPD 2021 “mempercepat pemulihan ketahanan  ekonomi masyarakat  dan peningkatan kualitas layanan kota wisata ramah air, didukung oleh peningkatan infrastruktur dan SDM yang berkualitas.

Melalui tema tersebut, Pemerintah Kota Manado menjadikan Penanggulangan Kemiskinan, Peningkatan Kualitas Destinasi Ekowisata, perwujudan upaya mitigasi bencana, peningkatan layanan minimal perkotaan dan infrastruktur ramah air dan reformasi birokrasi sebagai prioritas dalam Perencanaan Pembanguna Kota Manado tahun 2021. Kegiatan-kegiatan yang dianggarkan di setiap sektor harus mengarah kepada skala prioritas yang telah ditetapkan tersebut.

Dalam penajaman prioritas ini setiap Perangkat Daerah memaparkan kegitan apa saja yang akan dilakukan untuk mendukung prioritas pembangunan Kota Manado, dipaparkan juga dalam hal urgensi penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Manado menyiapkan pendataan yang lebih inovatif dengan bekerja sama dan saling berintegrasi antar Perangkat Daerah dengan Big Data Kota Manado yang dengan demikian diharapkan pendataan bantuan sampai pada pemetaan bencana dapat berjalan secara lebih cepat dan terarah.

Dalam hal penanggulangan kemiskinan Pemerintah Kota Manado merencanakan melalui Dinas Koperasi dan UKM yaitu kegiatan pemperdayaan UMKM dan pengembangan UMKM, selain itu juga direncanakan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dalam hal untuk mencapai peningkatan rumah layak huni bagi masyarakat, terlibat juga Dinas tenaga kerja, Dinas Kesehatan, Dinas Pangan dan Perangkat Daerah terkait lainnya untuk mendukung penanggulangan kemiskinan Kota Manado.

Untuk prioritas peningkatan kualitas destinasi ekowisata Dinas Pariwisata Kota Manado menegaskan siap untuk berkolaborasi dengan instansi teknis lainnya untuk meningkatkan kunjungan pariwisata Kota Manado sampai pada menyiapkan destinasi wisata baru bagi Kota Manado untuk pembangunan tahun 2021.

Pemerintah Kota Manado juga menyadari bahwa meningkatkan upaya mitigasi dan adaptasi bencana sebagai bagian dari prioritas yang harus dilaksanakan, untuk prioritas ini melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kebakaran, PUPR, dan Pol PP menyiapkan kolaborasi bersama mulai dari infrastrukturnya sampai pada personil lapangan untuk meningkatkan upaya mitigasi dan adaptasi bencana Kota Manado. Selain itu pada penataan layanan minimal perkotaan seperti penataan drainase, rehabilitasi jalan, dan peningkatan sistem penyediaan air bersih juga dipaparkan dalam prioritas peningkatan layanan minimal perkotaan dan infrastruktur ramah air.

Penguatan dan reformasi birokrasi juga menjadi pembahasan sebagai prioritas pembangunan Kota Manado dengan komitmen untuk mengoptimalkan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam penyelenggaraan Pemerintahan yang diharapkan akan meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat secara lebih CERDAS. (*/mlz)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan