Bupati Minsel Terima Kunjungan Kepala Balit Palma Kantor Kementerian Pertanian Sulut

Minselmanadoterkini.com, AMURANG-Perhatian pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terhadap masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup petani kelapa.

Pada Kamis (4/6/2020), Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE yang didampingi Kepala Dinas Pertanian Minsel Frangky Pasla SE MSi menerima kunjungan dari Kepala kantor Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma), Badan Litbang Pertanian Kantor Wilayah Kementerian Pertanian Sulut Dr. Ir. Ismail Maskromo MSi.
Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan rencana pengembangan dan perluasan areal kelapa di Kabupaten Minsel. Selain itu diutarakan kendala yang dihadapi petani kelapa berupa produksi buah kelapa yang sangat sedikit sehingga petani sudah tidak lagi mengurus kebun kelapanya.

MinselHanya saja Salah satu solusi yang disampaikan oleh kepala Balit Palma menggunakan benih varietas unggul yang bersertifikat seperti kelapa Dalam, Kelapa Genjah atau kelapa Hibrida Indonesia. Disamping itu pola budidaya kelapa harus diperhatikan dimulai dari pembuatan lubang tanam sampai pada pemeliharaan. Penanaman kelapa dengan jarak tanam 6 m x 16 m sehingga memungkinkan untuk penanaman tanaman sela di antara kelapa seperti tanaman jagung, cabe dan lain sebagainya, pengelolaan pasca panen kelapa menjadi produk bernilai jual tinggi sehingga dapat menambah nilai tambah ekonomi petani selain dijual dalam bentuk kelapa butiran.
Ke depanl Bupati sangat mengharapkan ada kerjasama dan pendampingan dari Balit Palma Bersama dengan Pemkab Minsel untuk mensukseskan program kerja yang telah ditetapkan.
Dihadapan Kepala Balit Palma, Bupati juga membahas berbagai hal khususnya bidang pertanian dimana Bupati senantiasa memiliki pemikiran dan ide kreatif yang dikolaborasikan dengan teknologi terbaru dunia pertanian. Bupati terdorong untuk mengembangkan dunia pertanian Minsel dengan ide pengembangan pertanian plus lokasi wisata tani dengan berbagai tanaman unggulan disamping tanaman-tanaman eksotik ada juga kelapa pandan wangi dan kopyor. Bupatin selanjutnya langsung mengajak kepala balai melakukan peninjauan ke Lokasi lahan pertanian guna melihat keadaan dilapangan.(dav)

Balit Palma Bupati Minsel Kementerian Pertanian Pemkab minsel

Posting Terkait

Tinggalkan pesan