Masih memungkinkan, Pemda Diminta Refocusing Anggaran Untuk Penanganan COVID-19

manadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Gugus Tugas COVID-19 Sulut meminta agar pemerintah kabupaten kota tetap konsisten dalam penanganan pandemi COVID-19 dengan melakukan refocusing pada sektor kesehatan.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sulut Dr Jemmy Kumendong dalam jumpa pers melalui video conference, Rabu (17/6/2020).

“Kabupaten kota diminta merefocusing anggaran, dari awal sudah dimintakan untuk menitikberatkan sektor kesehatan, bukan bansos, meskipun itu (bansos) dibutuhkan tetapi lebih banyak pada penanganan kesehatan,” jelas Jemmy Kumendong.

Lanjut Kumendong refocusing anggaran masih memungkinkan. Oleh karena itu bagi daerah-daerah yang anggaran penanganan COVID-19 sudah menipis maupun habis dimintakan agar melakukan refocusing anggaran untuk sektor kesehatan seperti pengadaan rumah singgah, APD dan lain sebagainya.

Kumendong mencontohkan, di Pemprov sendiri ada pengorbanan-pengorbanan anggaran yang dilakukan untuk memfokuskan penanganan COVID-19 seperti mengalihkan anggaran TKD.

“Pengorbanan- pengorbanan itu banyak yang berimbas kepada pejabat, tetapi itulah situasi dan kondisi saat ini yang harus dilakukan untuk daerah ini,” tegas Jemmy Kumendong.

Pemerintah Provinsi tambah Kumendong memberikan apresiasi kepada Wali Kota Manado yang konsisten melakukan penanganan COVID-19 dengan mampu mengaplikasikan Pergub Nomor 8 2020 tentang OPP.

“Pemerintah Provinsi sangat memberikan apresiasi karena pak Wali Kota sangat konsisten dengan pemberlakuan pergub ini,” tutup Jemmy Kumendong yang juga menjabat Karo Pemerintah Sulut ini. (Rizath)

Covid 19 Pemerintah Daerah Refocusing Anggaran

Posting Terkait

Tinggalkan pesan