Bersatu Kader Bela Negara Lawan Pandemi COVID-19

manadoterkini.com, SULUT – Kita tidak punya pilihan, kecuali menang melawan virus ini. Bersatu, bersinergi dan berkolaborasi adalah jawabannya,” Presiden RI Joko Widodo.

Prioritas langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulut ialah guna menyelamatkan saudara saudara kita yang sudah terpapar COVID-19 dan dengan segera membatasi, menghentikan, dan memutus rantai penyebaran COVID-19 di masyarakat Sulawesi Utara sehingga tidak menambah jumlah korban jiwa dan bisa menyelamatkan lebih banyak lagi jiwa masyarakat.

Melihat Kondisi itu setiap warga negara Indonesia dan Provinsi Sulawesi Utara lebih khusus para Mahasiswa, Siswa SMA/SMK dan Generasi Mileniall dan Muda merasa terpanggil untuk ikut serta dalam membela negara dengan menjadi Kader Bela Negara untuk ikut aktif terlibat dalam menghambat penyebaran dari pandemi COVID-19 ini untuk menyelamatkan masyarakat Indonesia.

Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”. Yang artinya, setiap warga negara memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari negara serta wajib untuk ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Membela negara bukan hanya dalam wujud perang bersenjata, melainkan juga dalam perang melawan COVID-19 dengan berbagai cara dan daya yang dimiliki tiap-tiap individu, maka Kader Bela Negara harus bersatu lawan COVID-19.

Bersatu, bergotong royong, dan bekerja sama merupakan solusi dalam mengatasi pandemi COVID-19. Saat ini 209 negara di dunia sedang menghadapi permasalahan COVID-19. Musuh yang dihadapi ialah penyakit yang disebabkan virus atau COVID-19, yang tidak kasatmata.

Imbauan pemerintah Indonesia bahkan pemerintah Provinsi Sulut Bapak Gubernur Olly Dondokambey SE mengatakan dalam upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 ke daerah yang dibawa orang tanpa gejala, kita harus melakukan protokol kesehatan pake masker, cuci tangan dan perkuat Imun.

Tidak ada seorang pun tentunya yang ingin mencelakakan keluarga, orangtua, dan saudara kita karena tanpa disadari bahwa kita termasuk pembawa/carrier (orang tanpa gejala) COVID-19.

Maka perlu adakan isolasi mandiri dengan melibatkan elemen masyarakat yang ada di wilayah masing-masing. Isolasi mandiri juga dilakukan dengan memisahkan kelompok rentan, menerapkan pemisahan antara kaum muda dan kaum tua, karena orang tua lebih rentan terinfeksi dan kaum muda berpotensi menjadi penular tanpa gejala.

Maka menjadi tanggung jawab bersama sebagai anak bangsa guna memerangi pandemi COVID-19 ini. Gugus Tugas pemerintah yang sudah dibentuk tidak dapat bekerja sendiri tanpa mendapat dukungan dan kepatuhan dari seluruh masyarakat.

Strategi ke depan yang masih harus terus dilakukan ialah bagaimana meningkatkan stamina/imunitas tubuh masyarakat, penerapan protokol pencegahan penularan, dan disiplin diri ataupun kolektif.

Upaya yang dilakukan guna mencegah penyebaran COVID-19 tidak dapat dilakukan dengan bekerja sendiri-sendiri. Perlu adanya para kader bela negara yang membantu antara pemerintah, masyarakat, media, dan dunia usaha mulai Provinsi, kabupaten/kota, sampai desa/kelurahan.

Dengan landasan pemikiran diatas maka Kesbangpol Sulut akan melaksanakan Webinar Seminar Nasional dengan Tema : “Bersatu, Kader Bela Negara Lawan COVID-19”.

Dalam kegiatan ini akan menampilkan sebagai Keynote Speaker yaitu Menteri Pertahanan H. Prabowo Subianto, yang didahului dengan pembukaan/pengantar diskusi oleh Gubernur Provinsi Sulut Bapak Olly Dondokambey, SE.

Narasumber dalam Webinar ini adalah
1. Menteri Dalam Negeri, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D.
2. Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANAS) Letjen TNI Agus Widjojo.
3. Rektor Universitas Pertahanan (UNHAN) Laksdya TNI Dr. A. Octavian, S.T., M.Sc., DESD.
4. Glen P M Lolong, Technical Officer, Country Health Emergency Prepanrednes IHR WHO.
5. Rocky Wowor Anggota DPRD Sulut/Ketua Forum Bela Negara Sulut.

Sebagai Moderator Johnny Suak/Kabid Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Karakter Bangsa, didampingi oleh host yaitu Imelda dari Protokol Pemprov Sulut.

Pelaksanaan Webinar Bela Negara pada Hari/Tanggal: Selasa, 30 Juni 2020. Pada pukul: 10.00 WITA – Selesai.

Dengan pelaksana: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Sulut melalui aplikasi Zoom Meeting ID: 607 709 9809 dengan Password: belanegara.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Ketua FKUB Sulut Bapak Pdt Lucky I Rumopa, MTh.

Perjuangan kita melawan COVID-19 masih panjang. Sinergi dan kolaborasi seluruh lapisan komponen masyarakat dibutuhkan untuk menang dalam pertempuran ini.

Yakin dan optimistislah bahwa dengan bekerja sama kita bisa mengatasi krisis ini dan kembali beraktivitas seperti sediakala. Bersama Tuhan, mari kita bahu-membahu melawan COVID-19.
Bersatu Kader Bela Negara Lawan COVID-19.

Penulis: Evans Steven Liow, SSos., MM

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *