Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Kelurahan Cerdas di Manado bangun Biogas

×

Kelurahan Cerdas di Manado bangun Biogas

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADO – Halo Kota Ma”nado, salah satu langkah Pemerintah Kota dalam mewujudkan Kelurahan Cerdas adalah dengan membangun Biogas di setiap Kelurahan”. Demikian kutipan kalimat yang diungah lewat akun facebook bigdata Bapelitbangda Kota Manado.

Tahun 2019 lalu Pembangkit Listrik Tenaga Biogas yang terletak di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Bailang, diserahterimakan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

Sekretaris Daerah Miklet Lakat SH MH, menyebutkan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas ini selaras dengan tujuan untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) point tujuh.

“Yaitu memastikan akses terhadap energi yang terjangkau dapat diandalkan dan berkelanjutan. Dengan salah satu strateginya yaitu mengembangkan infrastruktur untuk pelayanan energi modern,”ungkap Lakat.

Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas ini menurut sekda, menjadi salah satu titik pijak Kota Manado sebagai Kota Cerdas.

“Namun keberhasilannya sangat bergantung pada satu titik krusial, yaitu berkelanjutan. Untuk itu, saya berharap agar segera disusun standar oprasional, penanggung jawab oprasional dan juga kalkulasi biaya oprasional yang didukung anggaran dalam APBD,” tandas Lakat.

Kepala Bapelitbangda Manado Liny Tambayong, mengatakan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas ini merupakan bantuan dari Feng Chia University dan APEC/ACABT Taiwan.

Lanjutnya, dengan mamanfaatkan biogas sebagai sumber energi baru dan terbarukan, diharapkan dapat mengurangi ketergantungan dari minyak bumi dan batu bara.

“Sekaligus menjawab isi lingkungan, dalam hal ini limbah dari kotoran dan lumen ternak sapi dapat diubah menjadi energi listrik dan gas. Walaupun disadari masih dalam skala terbatas, namun kedepan dapat dikembangkan dengan optimal untuk memenuhi kebutuhan listrik di Kota Manado,” pungkas Tambayong. (*/tim)