Pengangkatan Eceng Gondok di Danau Tondano Terus Dipacu

manadoterkini.com, MINAHASA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut menunjukan komitmennya terkait pengangkatan gulma eceng gondok di Danau Tondano yang lokasinya berada di Kabupaten Minahasa.

Kamis (11/06) pagi, aktivitas pengangkatan eceng gondok di Danau Tondano melibatkan 2 unit Excavator milik Pemkab Minahasa dan 4 unit milik Pemprov Sulut, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Bupati Minahasa Royke O Roring, berkeliling Danau Tondano dan meninjau langsung aktivitas pengangkatan gulma yang sudah sekian tahun menggerogoti kelestarian Danau.

Olly mengatakan bila pihaknya menargetkan bahwa eceng gondok di Danau Tondano bersih akhir tahun ini. “Kita targetkan pengangkatan gulma eceng gondok di Danau Tondano tuntas akhir tahun ini. Sudah lebih dari 70 hektar luasnya yang kami angkat dan sudah tampak bersih,” kata Olly kepada sejumlah wartawan.

Gubernur lalu mengajak masyarakat agar aktif terlibat dalam membersihkan Danau Tondano dan turut melestarikannya.

“Saya mengajak masyarakat untuk bekerja sama. Nanti kalau sudah bersih, kita jaga bersama, karena perkembangan ini juga sangat cepat. Bila sudah bersih dan masyarakat sekitar tidak langsung membersihkan yang kecil-kecil yang baru bertumbuh, maka itu akan sangat cepat membesar dan akan menjadi banyak kembali. Maka dari itu harus diperhatikan,” ungkap Olly.

Turut mendampingi Gubernur yakni, Kepala Dinas PUPR Sulut Adolf Harry Tamengkel, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Denny Mangala, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Minahasa Wenny Talumewo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Vicky Kaloh dan Kepala Dinas PUPR Minahasa Teddy Lumintang. (fis)

Danau Tondano Eceng Gondok

Posting Terkait

Tinggalkan pesan