JS Mintah Warga Mitra Waspada Musim Pancarobah

JS Mintah Warga Mitra Waspada Musim Pancarobah

manadoterkini.com,  MITRA – Bupati Minahasa Tengara ( Mitra, James Sumendap, mengimbau kepada warga Kabupaten Mitra mengadapi musim Pancaroba dimana peralihan musin kemarau ke musim hujan.

Dengan mulai meningkatnya curah hujan disejumlah daerah termaskuk Mitra, disampaikan kepada warga untuk waspada dan hindari wilaya-wilaya yang berpotensi rawan terjadi bencana seperti tanah longsor.
” Wilaya gunung potong sangat rawan terhadap bahaya longsor, jadi berhati-hati saat melewati lokasi tersebut, dan ada beberapa wilayah lainya termasuk pemukiman disekitar sungai, diingatkan untuk tetap waspada, terhadap bahaya banjir bandang,” ujar Bupati.
Dia juga mengimbau agar masyarakat segera melaporkan ke pihak terkait bencana jika ada tanda-tanda ancaman bencana, baik itu hujan deras, banjir, tanah longsor, dan bahaya gelombang laut.
Pancaroba ini menjadi perhatian serius masyarakat. Sebab, potensinya tidak hanya bisa menimbulkan gangguan kesehatan tapi juga sangat potensi terjadinya bencana.
“Sulit ditebak. Siang terik, tapi sorenya langsung hujan deras. Jika sudah demikian, masyarakat yang berada dekat dengan sungai atau pegunungan agar waspada bencana banjir atau tanah longsor,” harapnya.
Berdasarkan pengalaman bencana sebelumnya yang sandingkan dengan imbauan BMKG, musim pancaroba memungkinkan terjadinya lima potensi bencana alam.
Yakni bencana banjir, banjir bandang, tanah longsor khusus di daerah dataran tinggi, angin kencang seperti puting beliung, petir atau kilat, dan gelombang tinggi untuk daerah pesisir.(win)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *