Dilaunching awal Tahun 2020, #MariJoBakobong ala GSVL sedot perhatian publik

mari jo bakobong

Walikota GSVL didampingi Sekda Mikler Lakat dan Kadis Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kelautan, M Sofyan saat pencanangan Manado Bakobong Februari lalu

manadoterkini.com, MANADO – Pogram cerdas #MariJoBakobong ala Walikota GS Vicky Lumentut, dengan turun langsung serta mengajak masyarakat menanam memanfaatkan lahan tidur dan pakarangan rumah jauh sebelum Kota Manado, Sulawesi Utara terkena dampak Covid-19, sunggu sangat luar biasa.

Sejak di-launching atau dicanangkan pada 28 Februari 2020 silam, lewat Gerakan Manado Bakobong dengan #MariJoBakobong belakangan ternyata menyedot perhatian public Nyiur Melambai.

mari jo bakobong

Ketua TP-PKK Kota Manado Prof Paula Lumentut – Runtuwene turut mendampingi Walikota GS Vicky Lumentut melaunching Manado Bakobong #MariJoBakobong

Pasalnya, berbagai komoditi yang ditanam sudah ada yang panen dan terus panen di tengah pandemi covid-19. Program pertanian yang digagas Pemkot Manado ini seakan sudah mengantisipasi dampak gejolak ekonomi global.

“Program #MariJoBakobong salah satu upaya kita (Pemkot Manado,red) menjaga ketahanan pangan akibat gejolak ekonomi global dikemudian hari. Kita harus mengantisipasinya dengan memanfaatkan lahan dan pekarangan rumah,” ujar GSVL kepada wartawan usai melakukan launching Manado Bakobong dengan #MariJoBakobong, Jumat (28/2/2020) silam.

manadoKepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kelautan (DPKP) Kota Manado, M.Sofyan menegaskan program cerdas #MariJoBakobong yang dicanangkan Walikota GS Vicky Lumentut, sebelum pandemi covid-19 melanda Kota Manado.

“Sejak dilaunching 28 Februari 2020 silam, program #MariJoBakobong sudah beberapa kali-kali panen dengan berbagai komoditi di sejumlah tempat di Kota Manado,” ujar Sofyan kepada wartawan, Selasa (21/07/2020) siang.

Program Ba Kobong Menginspirasi Ditengah Pandemi

 

manadoSejak dicanangkan, lahan milik Pemkot Manado yang ditanami jagung, cabe dan berbagai tanaman lain, sudah berulang kali dipanen sehingga telah menunjukan hasil. Jadi tidak heran, program cerdas tersebut saat ini telah menjadi role model untuk berbagai pihak.

Kepolisian, TNI, Lapas, pihak swasta, rumah ibadah dan berbagai lapisan masyarakat mulai dengan dukungan dari Pemkot Manado, mulai memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah atau lahan yang belum digarap untuk ditanami berbagai tanaman.

“Mari, ASN, THL dan kelompok tani di Kota Manado, kita manfaatkan lahan tidur yang ada termasuk pekarangan rumah kita, untuk bercocok tanam dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk peningkatkan pendapatan dari kelompok tani yang ada di Kota Manado,” ujar Walikota

“Marijo Bakobong” Guna Ketahanan Pangan dan Ekonomi Keluarga

 

manadoSeakan tahu pandemi Covid-19 akan berdampak signifikan bagi perekonomian, Gerakan “Manado Ba Kobong” ini menjadi salah satu strategi ampuh untuk menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi.

“Bila ini sudah jalan, kita bisa memenuhi kebutuhan pangan kita sendiri di tengah pandemi ini. Tidak perlu lahan besar, pekarangan kita bisa manfaatkan, jika tidak punya pekarangan kita bisa gunakan polybag,”terang Walikota

Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ia menyebut, program ini jika dikelola dengan serius bisa menjadi sumber pendapatan baru, sekaligus menciptakan masyarakat yang lebih mandiri.

“Kita ingin masyarakat Kota Manado menjadi masyarakat yang produktif, mandiri dan sejahtera di tengah pandemi di era adaptasi kebiasan baru “ujar Walikota kembali.

TNI/Polri dan Swasta “Ba Kobong”

 

ba kobong

Walikota GSVL bersam Kapolres Manado panen jagung manis

Menariknya, program cerdas yang terus digaungkan Walikota GSVL juga selaku Ketua PKB Sinode GMIM terus mendapat respon positif, bahkan mulai diikuti berbagai pihak.

“Program ini sangat baik sehingga mendapat respon yang luar biasa dari berbagai kalangan. Kami telah melakukan kerjasama tidak hanya dengan kelompok tani tapi dengan TNI/Polri, pihak Swasta bahkan pribadi-pribadi,” kata Sofyan.

mari jo bakobong

Launching Gerakan Manado Bakobong #MariJoBakobong

Lanjutnya, ada berbagai jenis tanaman yang menjadi unggulan dalam program Manado Bakobong #Marijo Bakobong” ini. Mulai dari rica, umbi-umbian, kacang-kacangan, jagung, sayur-mayur, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kebutuhan dapur.

“Dengan demikian, kita sudah menjaga ketahanan pangan di Kota Manado tetap stabil, apalagi di situasi pandemi Covid-19 ini. Dan Pak Walikota sudah memprediksinya sebelum Covid-19 menyebar,” jelas Sofyan. (lipsus/aldi)

#Marijo Bakobong #MariJobakobong GSVL manado Vicky lumentut

Posting Terkait

Tinggalkan pesan