Komitmen GSVL penuhi janji Politik, 37.307 Lansia di Manado terima bantuan sosial

Lansia

Walikota GS Vicky Lumentut memberikan arahan dan sambutan terkait penyaluran dana lansia di Kecamatan Bunaken Darat

manadoterkini.com, MANADO – Bantuan Sosial kepada Lanjut Usia menjadi salah satu program prioritas Walikota GS Vicky Lumentut dalam RPJMD Kota Manado. Di tahun keempat memimpin ibukota Sulawesi Utara bersama Wakil Walikota Mor Bastiaan, komitmen dan janji politik tersebut terus mengalami peningkatan.

Sampai dengan akhir tahun 2019, data awal bantuan sosial lansia diperhitungkan 33.000 . Setelah dibuka pendaftaran kembali, ternyata jumlah calon penerima berkisar 45.000. ketika dilaksanakan validasi di Dinas Dukcapil, jumlahnya menjadi 37.000 sekian karena ada yang data ganda, meninggal, atau tidak jelas keberadaan/beda data kependudukan.

Dengan data tersebut, jumlah normal pembayaran seperti tahun 2019 (250.000 per bulan) ditambah kebijakan refocusing dan relokasi anggaran, maka diambil kebijakan pada tahap pertama, dibayarkan Rp 500.000 kepada sekitar 37.000 penerima.

Terkait mekanisme pembayaran semula ditawarkan oleh Pemkot Manado untuk dilaksanakan non tunai, tetapi terdapat kendala teknis terkait dengan penyediaan buku tabungan dan kartu ATM dalam wakttu singkat, sehingga pihak bank sendiri yang mengambil keputusan pembayaran dilakukan secara tunai oleh petugas bank BRI di lokasi penyerahan bantuan sosial. Pihak bank memiliki batasan pengeluaran kartu atm dalam jumlah terbatas dan tidak secara simultan memenuhi kebutuhan lansia di Manado. Untuk jumlah masih memungkinkan terjadi penambahan mengingat terdapat lansia yang memenuhi persyaratan tapi belum termasuk pada daftar penerima.

Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut, Senin (20/07/2020) menyempatkan diri berbaur dengan para lansia di Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kelurahan Alungbanua dan di Kecamatan Bunaken, di Kantor Camat Bunaken.

“Hari ini mulai disalurkan dana lansia di beberapa kecamatan, mohon maaf agak terlambat karena kami fokus pada refocusing anggaran khususnya untuk bantuan sosial bagi masyarakat terdampak covid-19. Dan kami berharap dana lansia ini dapat bermanfaat bagi para lansia di kota Manado, “ ujar Walikota.

Suami tercinta dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado, Pror. Dr/ J. P. A. Runtuwene menghimbau dalam penyaluran dan lansia agar tetap berpedoman pada protokol kesehataan covid-19. “Jadi kepada para petugas penyalur baik dari Bank BRI dan aparatur Pemerintah Kota Manado, lia akang bae-bae ini penyaluran. Tolong bantu Oma deng Opa supaya lancar terima itu bantuan. Jangan lupa kase inga terus agar mengikuti protokol kesehatan dalam penyaluran bantuan, “ujar Walikota dua periode tersebut. (*/aldi)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan