Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

HUT RI di Sulut Bakal Sederhana Namun Penuh Hikmat

×

HUT RI di Sulut Bakal Sederhana Namun Penuh Hikmat

Sebarkan artikel ini

manadoterkuni.com, SULUT – Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dan HUT ke-56 Provinsi Sulut di Ruang F.J. Tumbelaka, Kantor Gubernur, Kamis (23/7/2020).

Silangen menerangkan bahwa pelaksanaan perayaan HUT RI kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19 berdasarkan arahan Kementerian Sekretariat Negara RI.

Karenanya, rangkaian pelaksanaan kegiatan mewajibkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

“Upacaranya tetap kita laksanakan seperti tahun yang lalu 2019, tetapi yang berbeda adalah peserta dan pelaksana dari kegiatan upacara ini disederhanakan pelaksanaanya pada tahun 2020 ini,” kata Silangen.

Kendati demikian, Silangen memastikan perayaan HUT RI tak mengurangi semangat, motivasi yang mencerminkan sikap cinta tanah air.

“Rangkaian acaranya tetap dilaksanakan. Walaupun sederhana tapi tetap penuh hikmat, dan bisa dirayakan oleh seluruh masyarakat Sulawesi Utara,” ungkap Silangen.

Lebih lanjut, Silangen mengajak seluruh peserta rapat untuk selalu percaya dan berdoa kepada Tuhan agar pandemi Covid-19 dapat berakhir di seluruh dunia.

“Kita tetap bermohon agar supaya Pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dari kehidupan kita semua,” tandas Silangen.

Adapun rangkaian acara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI diantaranya pada tanggal 7/8/2020, Pembukaan Rangkaian Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI; tanggal 14/8/2020, Mendengarkan Pidato Presiden RI pada sidang tahunan MPR RI Tahun 2020. Kemudian Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-75 kemerdekaan RI tahun 2020 pada sidang bersama DPR RI dan DPD RI.

Kemudian, tanggal 14/8/2020, Mendengarkan Pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian pengantar/keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN T.A. 2021 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya pada Rapat Paripurna pembukaan masa persidangan I DPR RI tahun sidang 2020-2021.

Selanjutnya, tanggal 16/8/2020, Apel Kehormatan dan Renungan Suci dan tanggal 17/8/2020 mengagendakan Pemberian Remisi di Lembaga Pemasyarakatan dan Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020.

Dalam rapat nampak hadir Ketua Panitia yaitu Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Gemmy Kawatu, Sekretaris Umum Panitia yang juga Kepala Biro Umum Clay June Dondokambey, Kepala Biro Organisasi Christodarma Sondakh, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Dantje Lantang serta para pejabat eselon III dan IV dari PD terkait. (*/Rizath)