HUT ke 397 Kota Manado ditengah Pendemi Covid-19, GSVL : “Bersama torang bisa”

manado

Walikota GS Vicky Lumentut bertindak sebagai inspektur Upacara HUT ke-397 Kota Manado yang dilaksanakan secara virtual

Kota Manado kini genap berusia 397 tahun, Selasa (14/07/2020) kemarin. Tak ada perayaan besar-besaran seperti yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini hanya perayaan sederhana berupa upacara di Ruang Serbaguna Kantor Walikota, Jln Balaikota Tikala.

manado

Pembacaan Teks Pancasila oleh Walikota GS Vicky Lumentut

Dalam upacara dimana Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) menjadi inspektur, terbatas diikuti sedikit orang. Hanya ada Wakil Walikota Mor Bastiaan, Ketua DPRD Aaltje Dondokambey, Ketua TP-PKK Julyeta PA Runtuwene, Wakil Ketua TP-PKK Imelda Markus, Sekda Micler CS Lakat, Forkompimda, beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta beberapa pejabat. Selebihnya diikuti melalui virtual. Dalam sambutannya, Walikota GSVL mengucapkan puji syukur atas penyertaan Tuhan dalam perjalanan Kota Manado hingga boleh mencapai usia 397 tahun, atau hampir empat dekade, meskipun harus dirayakan di tengah masa pandemi Covid 19.

 

Pidato Walikota GS Vicky Lumentut dalam rangka HUT ke-397 Kota Manado

 

manado

Pidato Walikota GS Vicky Lumentut dalam rangka HUT 397 Kota Manado

Puji syukur kita boleh mengikuti upacara peringatan HUT kota ke 397 tahun, meski di tengah pandemi Covid-19. Ini pertama kali dalam sejarah Kota Manado, upacara peringatan HUT kota dilakukan secara virtual karena harus mematuhi protokol kesehatan. Walaupun demikian, dapat saya sampaikan, bahwa ada sejumlah pencapaian yang diraih oleh Kota Manado sepanjang tahun 2019-2020, beberapa di antaranya diganjar dengan penghargaan. Kita bersyukur bahwa sekian pencapaian tersebut merupakan penanda kerja keras, kerja sama dan kerja cerdas pemerintah bersama masyarakat Kota Manado.

Kini, daya juang dan kebersamaan kita sebagai masyarakat kota manado tengah diuji dengan api pemurnian oleh pandemi. Kita harus siap fisik dan mental dalam menghadapi Covid-19. Kita harus membangun pemahaman, kesadaran, dan kesediaan, bahwa zaman yang tidak normal ini harus disikapi dengan kenormalan yang baru pula. Cermat memilah informasi for cegah hoax, karena informasi yang tidak benar atau hoax dapat memecah belah dan menyesatkan masyarakat. Dari upaya-upaya tersebut, niscaya kita dapat menekan dan mengurangi penularan Covid-19 sampai Kota Manado tidak lagi menjadi zona merah penyebaran virus corona.

manado

Suasana peringatan HUT Kota Manado di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado

Saya percaya, kita dapat mengupayakan yang terbaik, karena kita memiliki tradisi yang melekat erat dalam ingatan, yakni bahwa kita hidup untuk memanusiakan sesama manusia. Bersama kita bisa bersinergi untuk menyambut new normal. Bersama kita bisa membangun kembali ekonomi yang terdampak pandemi. Bersama kita bisa mematuhi protokol kesehatan. Bersama kita bisa melalui pilkada serentak di masa pandemi seraya mengutamakan keselamatan pemilih melalui penerapan protokol kesehatan. Tak henti-hentinya, saya sampaikan terima kasih kepada semua yang telah bekerja sama, bekerja keras dan bekerja cerdas selama ini. secara khusus, terima kasih kepada para tenaga medis, garda depan dalam penanganan pandemi Covid-19.

 

Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Manado secara virtual

 

manado

Sidang Paripurna Istimewa DPRD Manado yang dilaksakan secara virtual

Setelah upacara, dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa juga secara virtual bertempat di Ruang Utama Sidang Paripurna DPRD Kota Manado, dipimpin langsung Ketua DPRD Aaltje Dondokambey, didampingi Wakil Ketua, dan diikuti Anggota DPRD, dihadiri Asisten I Setdaprov Sulut Edison Humiang mewakili Gubernur Olly Dondokambey.

Pada kesempatan itu, Walikota GSVL membacakan berbagai pencapaian yang sudah dilakukan Pemkot Manado dalam membangun kota ini, khususnya sederet pencapaian, keberhasilan dan penghargaan yang diperoleh sejak Juli 2019 hingga Juni 2020:

GSVL

Walikota GS Vicky Lumentut membawakan sambutan dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Manado.

  1. Manado meraih 30 Penghargaan
  2. Indikator Pembangunan Makro Manado tahun 2019 (dibandingkan 2018)
  3. Indeks Pembangunan Manusia Kota Manado, 79,12 meningkat dari 77,59

b Angka Harapan Hidup naik dari 71,52 menjadi 71,80

  1. Angka Pertumbuhan Ekonomi (PE) 6,03 persen, 6,65 persen. Meskipun turun, lebih tinggi PE Sulut 5,66 persen, dan PE Indonesia 5 persen
  2. Angka Kemiskinan, 5,51 persen, 5,38 persen. Di bawah angka kemiskinan Sulut sebesar 7,66 persen dan Indonesia 9,40 persen
  3. Angka Pengangguran, naik menjadi 10,46 persen di tahun 2019 dibandingkan 2018 10,38 persen. Ketidakseimbangan pertumbuhan angkatan kerja dengan kesempetan kerja masih menjadi tantangan terbesar mengatasi masalah pengangguran selain kualitas kompetensi dan produktivitas yang relatif rendah.
  4. PDRB 2019 naik menjadi Rp.86,22 juta, dibandingkan 2018 hanya Rp.79,19 juta
  5. Data-data serta pencapaian tersebut menjadi referensi penting dalam mengevaluasi pelaksanaan pemerintahan yang berorientasi pada peningkatan pelayanan publik.

Komitmen ini tercermin dalam program pro rakyat seperti:

  1. Bantuan Sosial Kematian Rp.9,5 Milyar (Tahun 2020 Naik menjadi Rp15,7 Milyar)
  2. Bantuan Sosial Lansia Rp.36 Milyar
  3. Bantuan Sosial Siswa Miskin Rp.6 Milyar
  4. Dalam menghadapi, mencegah, meminimalisasi dan memitigasi bencana non alam Covid-19 meminimalisasi Rp.96,98 Milyar untuk mengatasi pandemi, dengan perincian:

– Penanganan Kesehatan Rp.32,18 Milyar

– Penanganan Dampak Ekonomi Rp.7,66 Milyar

– Bantuan Sosial dan Jaring Pengaman Sosial Rp.57,15 Milyar

manado

Forkopimda Kota Manado

Walikota GSVL berujar bahwa pencapaian-pencapaian tersebut hanyalah pemacu dan pemicu dirinya untuk terus bekerja hingga masa tugas sebagai Walikota Manado berakhir Mei 2021 mendatang. “Terima kasih atas kerjasama yang baik eksekutif dengan legaislatif, saran dan masukan dari rekan-rekan anggota dewan akan menjadi poin penting bagi kami dalam menjalankan pemerintahan,” ujar Walikota Manado dua periode ini. (Lipsus)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan