HUT RI ke-75, Gunakan baju ‘Kambasaran’, Bupati JS Nyatakan perang terhadap COVID-19

mitra hebat

Bupati Mitra James Sumendap pekikkan semangat kemerdekaan RI ke 75

manadoterkini.com, RATAHAN – Upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 yang dilaksanakan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara menonjolkan tema adat suku Minahasa.

Meski upacara yang digelar secara sederhana ini, namun tetap semarak dengan ciri khas adat yang menjadi tempa pada pelaksanaan kegiatan tersebut.

mitra hebat

Doa Bupati Mitra James Sumendap SH untuk negeri tercinta

Bupati James Sumendap yang menjadi Inspektur Upacara para peringatan detik-detik proklamasi, bersama para jajarannya tampil lain dari biasanya, dengan menggunakan pakaian perang adat Minahasa.

Pekikan kemerdekaan yang menjadi salam kebangsaan seluruh rakyat Indonesia berkumandang pada peringatan hari kemerdekaan ini, disusul pekikan ‘I Yayat U Santi’, sebagai kalimat penyemangat bagi para ksatria Minahasa sebelum menuju medan perang.

mitra hebat

“Dalam hari kemerdekaan ke-75 RI ini, kami memilih kostum adat perang sebagai bentuk penghormatan kepada para Pahlawan,” ungkap Bupati James Sumendap, usai peringatan detik-detik Proklamasi.

Ia mengungkapkan alasan penggunaan pakaian adat perang Minahasa, merupakan simbol terhadap perlawanan atau perang melawan penyebaran virus COVID-19 yang masih menggerogoti Minahasa Tenggara bahkan dunia.

mitra hebatMitra hebat

“Ini mempunyai filosofi yakni bagaimana kami di Minahasa Tenggara mempunyai tekad yang kuat untuk melawan COVID-19,” ujarnya.

Ia menambahkan, peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 ini, harus menjadi titik balik bagi seluruh elemen bangsa dan negara dalam menghadapi tatanan kehidupan baru untuk menuju Indonesia maju.

sumendap

Bupati Jemes Sumendap bersama Wakil Bupati gagah dengan pakaian adat perang Minahasa

Sementara itu meski dalam suasana pandemi COVID-19, namun antusiasme warga di Minahasa Tenggara untuk memperingati hari kemerdekaan sangat terasa, seperti adanya pernak pernik bertema HUT RI dari pusat kota sampai pelosok.

Selain itu pada warga bersama pemerintah desa dan kelurahan menggelar upacara sampai di jalan-jalan.

mitra hebat

Pakaian Adat perang (Kabasaran) menjadi khas dalam HUT RI ke 75 di Kabupaten Minahasa Tenggara

Setelah upacara peringatan HUT RI di tingkat Kabupaten Minahasa Tenggara, dilaksanakan pelepasan balon, ke udara yang juga dilaksanakan secara serempak di setiap desa dan kelurahan.

Selain itu juga dimulainya gerakan penggunaan masker yang dicanangkan Ketua Tim Penggerak PKK Minahasa Tenggara Djein Leonora Rende, setelahnya dilakukan penilaian taman bunga yang dihias setiap desa dan kelurahan di Kantor Bupati.

mitra hebat

Wakil Bupati Mitra menjadi Irup pada upacara penurunan benderah di Minahasa Tenggara

Sementara itu pada upacara penurunan bendera, Wakil Bupati Joke Legi didaulat menjadi inspektur upacara.

Bupati James Sumendap bersama Forkompinda dan jajaran Pemkab Minahasa Tenggara mengikuti upacara peringatan hari kemerdekaan RI di Istana Merdeka melalui virtual. (advetorial/win)

HUT RI ke 75 James sumendap Kabupaten Minahasa Tenggara PEmkab Mitra

Posting Terkait

Tinggalkan pesan