Gubernur Olly Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka Secara Virtual

Jokowimanadoterkini.com, SULUT – Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan Senin (17/8/2020).

Pelaksanaan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena negara sedang dilanda pandemi Covid-19.

olly Semua peserta upacara dibatasi termasuk pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI, Jokowi selaku Inspektur Upacara.

sulut hebatSemua peserta upacara tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, dan menghidari kerumunan massa untuk memutuskan mata rantai Covid-19.

Hadir juga jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Sekdaprov Edwin Silangen.

Selama ini, peringatan upacara dilaksanakan serentak di setiap daerah. Tapi karena sedang dilanda Covid-19, setiap daerah hanya mengikuti upacara yang berlangsung di Istana Merdeka, secara virtual.

sulutGubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey tampak mengenakan pakaian adat Minahasa bersama Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw mengikuti upacara dari Rudis Gubernuran Bumi Beringin.

Sebelumnya, rangkaian peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI diawali dengan melakukan renungan suci untuk mengenang jasa para pahlawan dalam rangkaian memperingati HUT ke-75 RI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw, Minggu (16/8/2020) yang dimulai tepat pukul 24.00 Wita dan berlangsung khidmat.

Sulut hebatPada Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Lapangan Kantor Gubernur, Senin (17/8/2020), Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menjadi Inspektur Upacara (Irup).

Adapun teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Sulut.

Sementara itu, pengibaran bendera merah putih dilakukan 3 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

sulut hebat

Suasana penu keakraban

Bertindak sebagai pembawa baki Azzahra Tanisa Jessica Abas, pembentang bendera Andrew Jonatan Makalew dan pengerek bendera Alim Arsad.

Terkait pelaksanaan upacara HUT RI di tengah pandemi Covid-19, Gubernur Olly optimis kegiatan pada tahun depan dapat berlangsung seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Mudah-mudahan tahun depan Covid-19 sudah berakhir. Tak mungkin lagi kita memakai masker dalam menggelar upacara HUT RI. Ini hal yang khusus tahun ini untuk kita dalam melaksanakan upacara 17 Agustus,” kata Olly.

sulut hebatMenariknya, usai upacara Gubernur Olly menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) atas prestasi Pemprov Sulut dengan capaian response rate tertinggi ketiga nasional dalam Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020 yang digelar pada tanggal 5 Februari hingga 29 Mei 2020 lalu.

Diketahui, akurasi data kependudukan merupakan kunci suksesnya pelaksanaan suatu program.

Karena itu, Pemprov Sulut sejak awal berkomitmen mendukung kelancaran berbagai program sensus yang dilaksanakan BPS.

Olly DondokambeySelain itu, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dana pemerintah pusat senilai Rp 1 triliun dalam rangka pemulihan ekonomi melalui Bank SulutGo.

Tak hanya itu, Pemprov Sulut melalui Biro Kesra memberikan bantuan dana kepada anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) sebesar Rp 300 juta dengan rincian Rp 500 ribu/orang untuk 600 anggota LVRI Sulut.

Adapun upacara HUT ke-75 RI turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Andrei Angouw, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut. (Adv/Rizath)

HUT RI 75 Olly Dondokambey Proklamasi

Posting Terkait

Tinggalkan pesan