Sulut Jadi Pilot Project Gerakan Revolusi Mental se-Indonesia

manadoterkini.com, SULUT – Sulawesi Utara menjadi salah satu daerah yang ditunjuk Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI sebagai Pilot Project Program Kegiatan Gerakan Revolusi Mental se-Indonesia.

Selain Sulut Menko PMK
menetapkan 4 Provinsi lainnya di Indonesia yakni Sumatera Selatan, Sumatera Barat, NTT dan Bali.

Dari 5 perwakilan itu Menko PMK meminta daerah menyiapkan Konsep Gerakan Revolusi Mental, khusus untuk Milenial melalui Rapat Webinar di awal bulan Juli lalu.

Hal itu disampaikan Kaban Kesbangpolda Sulut Evans Steven Liow S.Sos di Manado, Selasa (18/8/2020).

Menurut Liow, dari 5 Provinsi berdasarkan hasil Webinar, Sulut diberi kesempatan untuk menyampaikan Program Gerakan Revolusi Mental yang pernah dilaksanakan, dan yang akan dilaksanakan, baik mulai tahun 2020 sampai 5 tahun kedepan.

Program itu disampaikan di hadapan Tim Asdep Revolusi Mental yang dipimpin Alfredo Sani Fenat selaku Asisten Deputi Bidang Kepemudaan Kemenko PMK RI dan Kaban Kesbangpolda Sulut Evans Steven Liow didampingi John Suak, Kabid Wawasan Kebangsaan Kesbangpolda Sulut dan Pengurus Jaringan Milenial Revolusi Mental Sulawesi Utara.

Dalam paparan, Kabankesbangpolda Sulut menguraikan Visi Misi Pemerintah Sulawesi Utara dibawah Kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw.

Visi Misi ini diimplementasikan dalam program Pemerintah Provinsi yang selaras dengan program Pemerintah Pusat, khususnya Gerakan Revolusi Mental antara lain; Program ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinanan) dan berbagai kegiatan aksi nyata mulai dari Revolusi Toilet, Bersih Bersih Pantai sampai Gerakan Ayo Bakobong.

Paparan Kaban Kesbangpolda Sulut ini, mendapat perhatian Kemenko PMK RI, karena kegiatannya ikut melibatkan Tokoh Agama, LSM dan anak-anak muda.

Menanggapi hal itu, Alfredo, Tim Asdep Revolusi Mental Kemenko PMK RI menyatakan, provinsi lainnya harus mengikuti langkah Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Dan program ini akan lebih disempurnakan. Kami akan bakukan untuk 4 provinsi lainnya. Ini akan dilakukan di seluruh Indonesia. Kami menetapkan Sulawesi Utara sebagai Pilot Project Nasional Milenial Revolusi Mental tahun 2020,” kata Alfredo yang juga sebagai Deputi Pemuda dan Kebudayaan Kemenko PMK RI ini.

Selain itu, tambah dia, ide dan gagasan Pemprov Sulut melalui Kesbangpol Sulut akan dikawal sampai 5 tahun kedepan, dan sebagai pilot project bersama 4 provinsi (Sumatera Selatan, Sumatera Barat, NTT dan Bali).

“Kami akan menetapkan Sulawesi Utara sebagai Bumi Revolusi Mental di Indonesia oleh Menko PMK RI pada bulan September nanti, sekaligus kami akan mengundang perwakilan 4 Provinsi dan 17 kabupaten/kota untuk hadir di Sulawesi Utara,” ujar Alfredo.

Rencananya, Gebyar Milenial Revolusi Mental se-Indonesia berlangsung pada tanggal 01 sampai 20 September.

“Kegiatan ini sebagai sarana untuk menunjukan Kebangkitan Indonesia di masa adaptasi New Normal,” tambah Liow. (Rizath)

pilot project Revolusi Mental Sulut

Posting Terkait

Tinggalkan pesan