Irup HUT RI ke-75, Ini Yang Disampaikan Wali Kota Bitung Max J lomban

Bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-75. Senin (17/08/2020) bertempat di Lapangan Upacara Kantor Pemkot Bitung.

Dalam kesempatan tersebut, Maximiliaan Jonas Lomban, SE MSi selaku Wali Kota Bitung bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Sementara itu, Kapten Inf Marinir Sulistio bertindak sebagai pemimpin upacara.

Meskipun upacara yang dilakukan ditengah situasi pandemi covid 19, namun tidak mengurangi niat semua pihak merayakan dan mengenang para pendahulu bangsa yang berjuang untuk kemerdekaan RI. Upacara pun berlangsung aman, tertib dan tetap dengan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban, SE MSi menyampaikan beberapa hal melalui sambutannya.

BitungIni yang disampaikan Wali Kota Bitung memperingati HUT RI ke-75.

YANG SAYA HORMATI DAN SAYA BANGGAKAN SEGENAP PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA
MERDEKA!… MERDEKA!… MERDEKA!…
SYALOOM…
SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEKALIAN, ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULAHI WABARAKATU.
PERTAMA-TAMA, SEBAGAI INSAN YANG BERIMAN, SAYA MENGAJAK UNTUK BERSAMA-SAMA MEMANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KEPADA TUHAN YANG MAHA KUASA, ATAS BERKAT DAN ANUGERAH-NYA, HARI INI SEBAGAI BANGSA INDONESIA KITA BOLEH MEMPERINGATI HARI YANG PALING BERSEJARAH DALAM PERJALANAN BANGSA DAN NEGARA TERCINTA, YAKNI HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA.

SAUDARA SEBANGSA DAN SETANAH AIR,
MEMPERINGATI 75 TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA, KITA DIPERHADAPKAN DENGAN PANDEMI COVID 19. NAMUN SEBAGAI BANGSA YANG BESAR KITA YAKIN

SUASANA INI TIDAK AKAN MENGURANGI SEDIKITPUN RASA BERSYUKUR KITA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, YANG TELAH MENGANUGERAHKAN KEMERDEKAAN BAGI BANGSA KITA.
DI TENGAH-TENGAH PANDEMI INI, KITA KEMBALI MENGENANG PERJUANGAN DAN PENGORBANAN PARA PEJUANG KUSUMA BANGSA YANG SANGAT GIGIH DALAM MEREBUT DAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN, YANG DIWARNAI DENGAN TETESAN KERINGAT, AIRMATA DAN DARAH. DAN SAAT INI PUN KITA BERADA DALAM PERJUANGAN BERSAMA UNTUK MEMERANGI PENYEBARAN COVID 19.

BitungSITUASI INI TIDAK BOLEH MENGALAHKAN KITA, MELAINKAN HARUS MEMOTIVASI KITA AGAR MEMAKSIMALKAN SEMUA DAYA DAN UPAYA, UNTUK MENERAPKAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM MASYARAKAT YAKNI TETAP PRODUKTIF DAN MENGUTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN.

TEMA PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020 INI ADALAH “INDONESIA MAJU”. DUA KATA INI TERDENGAR SANGAT SEDERHANA NAMUN SANGAT BESAR MAKNANYA. “INDONESIA MAJU” ADALAH API YANG HARUS MEMBAKAR SEMANGAT KITA SEMUA UNTUK TERUS MAJU DALAM SETIAP ASPEK PEMBANGUNAN. “INDONESIA MAJU” ADALAH AMUNISI BARU YANG HARUS MELESATKAN KEMAMPUAN KITA UNTUK MENGOPTIMALKAN KERJA DAN KARYA KITA. DAN “INDONESIA MAJU” ADALAH

CAKRAWALA WAWASAN YANG MENGANTARKAN KITA PADA PEMIKIRAN YANG SEMAKIN TERBUKA UNTUK SADAR AKAN PENTINGNYA :
1. MEMAKAI MASKER
2. MENCUCI TANGAN (DENGAN SABUN DAN AIR MENGALIR)
3. MENJAGA JARAK
4. MENJAGA IMUN TUBUH (MAKAN MAKANAN BERGIZI DAN OLAHRAGA TERATUR)
5. MEMANJATKAN DOA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, MEMINTA PERTOLONGAN-NYA AGAR PANDEMI INI SEGERA BERLALU.

INDONESIA MAJU, BUKAN SEKEDAR SLOGAN ATAUPUN MIMPI SEMATA, AKAN TETAPI MENJADI GERAKAN NYATA UNTUK MEMPERJUANGKAN KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DALAM TATANAN HIDUP MASYARAKAT KOTA BITUNG YANG RUKUN DAN DAMAI, TERUS MEMELIHARA, MENUMBUHKAN, DAN MENGUATKAN JIWA NASIONALISME KEBANGSAAN KITA SEBAGAI DASAR DALAM MELAKSANAKAN PEMBANGUNAN, MENEGAKKAN NILAI-NILAI DEMOKRASI BERLANDASKAN MORAL DAN ETIKA BERBANGSA DAN BERNEGARA, TERLEBIH DISAAT KITA AKAN MENGGELAR PESTA DEMOKRASI PEMILIHAN KEPALA DAERAH PADA 9 DESEMBER 2020 NANTI, YAKNI GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SULAWESI UTARA SERTA WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA BITUNG. PERBEDAAN PILIHAN POLITIK JANGAN SAMPAI MENCEDERAI RASA PERSAUDARAAN SEBANGSA DAN SETANAH AIR. SAYA BERHARAP KITA SEMUA DAPAT MENJAGA SITUASI DAN KONDISI DI KOTA BITUNG AGAR TETAP AMAN DAN NYAMAN SEHINGGA AGENDA NASIONAL INI DAPAT BERLANGSUNG DENGAN BAIK.

BitungMASYARAKAT KOTA BITUNG YANG SAYA CINTAI DAN BANGGAKAN, DEMIKIAN SAMBUTAN SAYA, SEMOGA TUHAN YANG MAHA KUASA SENANTIASA MENYERTAI KITA SEMUA DALAM MEMBANGUN BANGSA DAN NEGARA TERCINTA DI KOTA BITUNG SEBAGAI PERJUANGAN MENGISI KEMERDEKAAN INI. INDONESIA MERDEKA, INDONESIA MAJU!

SEKIAN DAN TERIMAKASIH.
MOTO TOMPIAAN, MOTO TABIAN, BO MOTOTANOBAN, SOMAHE KAI KEHAGE, SAN SIOTE SAN PATE-PATE, PAKATITI TUHEMA, PAKANANDU MANGENA, BOLENG-BALANG SENGKAHINDO,
PAKATUAN WO PAKALAWIREN,
WASALAMUALAIKUM WARAHMATULAHI WABARAKATUH, OM SANTIH, SANTIH, SANTIH, OM… SHADU-SHADU-SHADU,
SHALOM!

Usai menjadi Irup, Wali Kota dan jajaran beserta Forkopimda mengikuti detik-detik Proklamasi tepat pukul 11:17 wita selama 3 menit di lantai 4 Kantor Pemkot Bitung.

Hadir dalam Upacara HUT RI ke-75 Wakil Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, Sekertaris Kota Bitung Dr. Audy Pangemanan, jajaran pemkot Bitung, Forkopimda dan DPRD Bitung. (Refly/Adve)

HUT RI 75 Max J. Lomban Wali Kota Bitung

Posting Terkait

Tinggalkan pesan