Survei IPIRC, VAP Lebih “Peduli Rakyat” Dan Dianggap Lebih Jujur Dari Olly

vap ollyManadoterkini.com, AIRMADIDI-Selain berpotensi dikalahkan dalam Pilkada Sulut, sang Petahana Olly Dondokambey SE, kalah di citra personal calon, dari DR (HC) Vonny Anneke Panambunan STh (VAP) yang dinilai lebih baik pada citra “peduli rakyat”.

“Olly kalah di citra personal calon. Warga Sulut melihat Vonny Panambunan lebih baik pada citra “peduli rakyat” dan dianggap lebih jujur dari Olly Dondokambey,” ujar Manager riset Indeks Politik Indonesia Research and Consulting (IPIRC) Muhammad Anwar, dalam keterangannya, Minggu (30/8/2020), yang dilansir dari Tribunnews.com.

Anwar menyebutkan Olly Dondokambey sangat berpotensi dikalahkan dalam Pilkada Sulut, apalagi bila terjadi head to head.

“Olly Dondokambey sangat berpotensi dikalahkan pada desember nanti, apalagi bila terjadi head to head dan yang berpotensi mengalahkan Olly Dondokambey yakni calon gubernur yang didukung oleh Partai Nasdem, Vonny Panambunan,” kata Anwar.

Sesuai survei yang digelar pada 15 Agustus 2020. Jumlah sampel sebanyak 814 responden yang berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Metode survei multistage random sampling dengan margin of error atau toleransi kesalahan +/- 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Anwar juga menyatakan penyebab dukungan Olly Dondokambey semakin turun yakni masalah evaluasi kinerja. Hanya 40% warga Sulut yang menganggap kinerja Olly Dondokambey baik. Dan berdasarkan temuan survei dalam simulasi head to head Olly Dondokambey versus Vonny Panambunan, jarak keduanya hanya 6%.

Menurut Anwar selisih yang sangat tipis itu, secara psikologi akan mempengaruhi pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 22%.

“Ini situasi yang tidak aman bagi incumbent, jika 4 bulan sebelum hari H, selisih dari penantangnya di bawah 10%,” ungkap Anwar.

(Pow)

Olly Dondokambey Peduli Rakyat VAP

Posting Terkait

Tinggalkan pesan