HUT ke 75 RI Berlangsung Khidmat di Minahasa

Minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75, di Kabupaten Minahasa, yang ditandai dengan Upacara Bendera, Senin 17 Agustus 2020, di Lapangan Manguni Sasaran Tondano, berjalan dengan penuh khidmat.

Berbeda dari tahun tahun sebelumnya, akibat dampak pandemi Covid-19, pelakasaan Upacara Bendera sebagai puncak HUT Kemerdekaan RI tahun ini tidak melibatkan banyak peserta. Namun berjalan khusyuk, dengan pengibar bendera merah putih hanya tiga orang saja.

SulutBertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, dengan Komandan Upacara AKP Lilik Setiono, berasal dari unsur Polres Minahasa, menjabat sebagai Kepala Satuan Sabhara.

Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah MfoKabupaten Minahasa Glady aKandouw SE, yang kemudian diakhiri dengan Pembacaan Doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Sonya Mongkau SE.

Sementara untuk detik-detik Proklamasi dilakukan serentak secara nasional melalui virtual zoom bersama dari Istana Merdeka Jakarta, dimana Upacara Bendera dari Istana yang dipimpin Presiden RI Ir H Joko Widodo, disaksikan secara virtual oleh Bupati ROR bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi dan jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

Bupati ROR saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE mengatakan, HUT Kemerdekaan kali ini diperingati dalam nuansa berbeda karena pandemi Covid-19. “Upacara HUT Kemerdekaan di seluruh Indonesia harus dilaksanakan secara sederhana namun tetap khidmat, serta wajib memenuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ujar ROR mengutip sambutan gubernur.

Meskipun diperingati di tengah situasi pandemi, momentum Kemerdekaan RI hari ini, kata ROR, dapat dimaknai dan dihayati untuk kembali menata peranan, tugas dan kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta dalam melanjutkan perjuangan para pendahalu untuk mengisi Kemerdekaan di tanah air tercinta.

“Tema HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun adalah Indonesia Maju. Indonesia Maju merupakan sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia,” tukasnya.

“Dengan tema Indonesia Maju, diharapkan kita tetap bersatu dalam kehidupan berbangsa, dalam melanjutkan pembangunan daerah, termasuk dalam menghadapi masa-masa sulit seperti halnya masa pandemi COVID-19 yang menjadi tantangan terbesar kita saat ini,” pungkasnya.

Dalam Upacara Pengibaran Bendera pagi hari, dirangkaikan dengan penyerahan Surat Keputusan Pemberian Remisi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, untuk para tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano, oleh Bupati ROR didampingi Kepala Lapas, Mulyoko.

Turut hadir dalam Upacara Pengibaran Bendera pagi hari yakni, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Kapolres Minahasa AKBP M Denny I Situmorang SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Helbert Andi Amino Sinaga SIP, Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Rahmat Budiman Taufani SH MKn, Ketua TP-PKK Minahasa Fenny Ch M Roring-Lumanauw SIP, Wakil Ketua TP-PKK Martina Dondokambey-Lengkong, para Asisten Sekdakab Minahasa dan jajaran Pejabat Pemkab Minahasa yang ditunjuk, Ketua KNPI Minahasa Rifky Roring, serta dinalis Putri Indonesia 2020 Puteri Intelegensia dan Puteri Sosial Media Kepulauan 2020 Desiree M Roring SSos, mewakili Veteran, juga undangan terbatas lainnya.

Kemudian, pada sore harinya, dilakukan Upacara Penurunan Bendera dengan Inspektur Upacara yakni Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi dan Komandan Upacara yakni Kapten Inf Dony Lumenta, dari unsur TNI Kodim 1302 Minahasa, menjabat sebagai Pasi Intel.

MdoUpacara Penurunan Bendera yang juga dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada para Pasukan Pengibar Bendera ini, turut dihadiri Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw SE, Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Rahmat Budiman Taufani SH MKn, Wakapolres Minahasa Kompol Ahmad Sutrisno, mewakili Kodim 1302 Minahasa, Mayor Inf Feky Welang, para Asisten Sekdakab Minahasa dan jajaran Pejabat Pemkab Minahasa. (fis)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan