Terancam Jurang Resesi, Jokowi Minta Pemda Percepat Belanja Daerah

Jokowimanadoterkini.com, SULUT – Presiden Joko Widodo menegaskan agar kepala daerah sesegerah mungkin melakukan belanja daerah untuk meningkatkan ekonomi agar terhindar dari resesi.

Hal itu disampaikan dalam rapat terbatas virtual penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional bersama para menteri dan gubernur dari Istana Kepresiden Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/9/2020).

Terkait pemulihan ekonomi nasional, Jokowi meminta jajaran kepala daerah untuk mempercepat belanja daerah sebagai penopang agar Indonesia tak masuk ke dalam jurang resesi seperti negara lainnya.

“Percepat belanja barang, belanja modal, belanja bantuan sosial betul-betul disegerakan sehingga bisa meningkatkan konsumsi masyarakat dan meningkatkan ekonomi di daerah,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan satu bulan ke depan menjadi pertaruhan terakhir apakah ekonomi Indonesia memasuki jurang resesi atau tidak.

Jokowi menegaskan, apabila ekonomi domestik kembali minus, maka dipastikan Indonesia masuk ke daftar negara resesi.

Jokowi memaparkan, perekonomian Indonesia pada kuartal pertama 2020 masih tumbuh 2,97 persen. Padahal, menurut dia, negara lain sudah minus.

“Tetapi di kuartal kedua kita sudah pada di posisi minus 5,3 persen, sudah minus.”

“Untuk itu, kuartal ketiga, yang kita masih punya waktu satu bulan yaitu Juli, Agustus, September. Di September ini kita masih ada kesempatan. Kalau kita masih berada pada posisi minus artinya kita masuk resesi,” lanjutnya. (*/Rizath)

Belanja Daerah Jokowi Resesi

Posting Terkait

Tinggalkan pesan