Pejabat Pakai Pakaian Adat di HUT Provinsi, Ini Pilihan Olly

manadoterkini.com, SULUT – Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara ke-56 yang jatuh pada hari Rabu 23 September 2020 ini diawali dengan melaksanakan Upacara Bendera di lapangan Kantor Gubernur Sulut.

Menariknya, dalam upacara kali ini para pejabat eson II dan eselon III diwajibkan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Sulut.

Sementara Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey beserta istri Rita Dondokambey – Tamuntuan sendiri memilih menggunakan pakaian adat Sangihe.

SulutPasalnya dihari yang sama, Olly Dondokambey sendiri mendapatkan gelar adat dari masyarakat Sangihe. Menurut sumber, gelar adat yang dianugerahkan masyarakat sangihe kepada Gubernur Olly Dondokambey adalah “Pinuaheng Bulaeng Mamenongkati” yang berarti Cahaya Emas Dari Utara.

Gelar adat ini juga memiliki makna filosofi dimana seorang pemimpin yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Sulawesi Utara khususnya masyarakat Kepulauan Sangihe.

“Baju ini (pakaian adat Sangihe, red) adalah pemberian Bupati Sangihe. Harganya dibawah satu juta rupiah, jadi ini bukan gratifikasi,” kata Olly kepada wartawan. (Rizath)

Gubernur HUT Provinsi Olly Dondokambey Sulut

Posting Terkait

Tinggalkan pesan