Presiden Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Manado – Bitung Secara Virtual

manado

Presiden Jokowi resmikan Jalan Toll Manado – Bitung. (ist)

manadoterkini.com, SULUT – Presiden RI Joko Widodo atau biasa dipanggil Jokowi akhirnya meresmikan Jalan Tol Manado- Bitung secara Virtual.

Di Manado sendiri peresmian Jalan Tol dihadiri Menteri PUPR Ir. Muhammad Basoeki Hadi Moelyono, M.Sc, Phd dan Pjs. Gubernur Dr. Drs A. Fatoni M.Si di Gerbang Tol Manado-Bitung, Manado (29/9/2020).

Dengan adanya jalan tol yang panjangnya mencapai 40 km, itu berarti waktu tempuhnya akan menjadi lebih cepat, yang dulu ditempuh satu setengah jam sekarang setengah jam saja, kata Jokowi.

Dengan diresmikannya jalan tol tersebut, sarana Transportasi yang bergengsi di Sulawesi Utara resmi digunakan oleh Masyarakat Sulut.

Sementara pihak pengelola memberikan bonus gratis masuk pintu Tol bagi masyarakat selama dua minggu.

bitung

Salah satu ruas jalan dengan jembatan flay over. (ist)

Ruas Tol Manado-Bitung dengan total Panjang 40 km, merupakan yang terpanjang di Pulau Sulawesi saat ini. Dengan nilai Investasi mencapai 5,12 triliun. Dimana ruas konstruksi Manado-Airmadidi sepanjang 15 km didanai oleh APBN Kementerian PUPR, sedang ruas Airmadidi-Bitung sepanjang 25 km dilaksanakan oleh PT. Jasa Marga, dikerjakan dengan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha.

Joko Widodo, juga menambahkan bahwa Sulut sendiri ada banyak potensi ekonomi yang harus terus dikembangkan, yaitu Industri perikanan di Bitung, sektor pertanian, sektor perkebunan dan banyak destinasi wisata, yang tentu sangat memerlukan dukungan terutama Infrasruktur, di dalamnya ada jalan tol yang dirancang untuk terintegrasi dengan Kawasan Industri dan Kawasan Pariwisata di Sulut.

Dengan begitu, kata Jokowi akan mempercepat akses yang mudah dijangkau dan lebih dikenal dan lebih mudah dikembangkan.

Lebih lanjut Jokowi menambahkan dengan terbukanya jalan tol maka logistik menjadi lebih murah, lebih efiesien dan dapat dikembangkan dan lebih maju.

Dan kawasan strategis pariwisata aksesnya semakin mudah dijangkau dan pariwisata di Sulut bisa berkembang lebih baik lagi.

“Dengan tersambungnya kawasan perekonomian ini saya yakin investasi akan semakin banyak yang datang dan lapangan kerja masyarakat pasti akan meningkat, Sulut akan semakin berkembang”, tegas Jokowi. (*/Rizath)

Jalan Tol Manado Birung Presiden Jokowi

Posting Terkait

Tinggalkan pesan