Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususManado

Rumah singgah khusus Tahanan dan Napi, bentuk komitmen GSVL putus mata rantai covid-19

×

Rumah singgah khusus Tahanan dan Napi, bentuk komitmen GSVL putus mata rantai covid-19

Sebarkan artikel ini
manado
Sambutan Walikota Manado GS VIcky Lumentut dalam peresmian rumah singgah khusus Tanahan dan Narapidan. (ist)

manadoterkini.com, MANADO – Luar biasa komitmen Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Manado. Setalah Asrama Haji, kini rumah singgah khusus tahanan dan narapidana.

Rumah singgah covid-19 khusus tahanan, berlokasi di eks SDN 41 Kelurahan Bumi Beringin Lingkungan 3, Kecamatan Wenang, diresmikan dan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama, Jumat (09/10/2020).

manado
Penandatanganan pemanfaatan rumah singgah khusus Covid-19, yang dilakukan antara lain oleh Walikota Manado, Kapolresta Manado, Kajari, Kemenhumkam Sulut, Ketua Pengadilan, Danlanut, Danpomal, Kepala Rutan, Kepala Lapas, Jumat (09/10/2020). (ist)

“Dengan fasilitas tiga ruangan yang dapat melayani sampai 50 orang/pasien. Hari ini, Puji Tuhan kita boleh bersama meresmikan dan melakukan penandatanganan kerjasama rumah singgah khusus tahanan dan narapidana,” ujar Walikota, didampingi Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler CS Lakat, SH, MH.

Menurut GSVL, kehadiran rumah singgah khusus bagi tahanan ataupun narapida terkonfirmasi reaktif ataupun terpapar covid-19 tanpa gejala, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 tersebut.

manado
Foto bersama Forkopimda Manado dengan tenaga medis. (ist)

“Rumah singgah khusus tahanan ini, merupakan usulan dari Pak Kajari Manado dan Pak Kapolresta Manado, dalam bersama memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Manado, khususnya bagi tahanan dan narapidana,” ujar Walikota GSVL.

Sebelum diresmikan standar kelayakan rumah singgah khusus ini telah ditinjau lebih dahulu oleh Walikota GSVL, Selasa (06/10/2020). “Rumah singgah khusus tahanan dan narapidana yang terkonfirmasi reaktif ataupun terpapar covid-19 tanpa gejala sesuai dengan standard dari Kejaksaan dan Kepolisian. Dan dari hasil penilaian rumah singga tersebut sudah sesuai dengan standard yang ada,” pungkasnya.

manado
Walikota GSVL bersama Forkopimda meninjau ruangan rumah singgah khusus tahanan dan Narapidana. (ist)

Hadir dalam peresmian rumah singgah khusus tahanan dan napi, Forkopimda Kota Manado, Danlanud Manado, Danpomal Manado, Kemenkumham Sulawesi Utara, Lapas, Rutan dan BPBD Provinsi Sulawesi Utara.

 

Pantau rumah singgah khusus tahanan, GSVL pastikan semua rampung

rutan khusus napiDalam rangka percepatan penanganan covid-19 di Kota Manado, khususnya lagi bagi warga binaan (Tahanan) menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Kota (Pemkot) Manado. Sehingga Pemkot Manado telah menyiapkan rumah singga covid-19, bagi tahanan, berlokasi di SD Negeri 41, Jalan Bumi Beringin 3, Kelurahan Bumi Beringin Kecamatan Wenang.

rutan khusus napiWalikota GS Vicky Lumentut, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 di Kota Manado, meninjau dan pemantau langsung sarana dan prasarana rumah singga bagi tahanan, Selasa (06/10), bersama Kajari Manado, Maryono, SH, MH, Sekretaris Daerah  Kota Manado, Micler CS Lakat, SH, MH.

rutan khusus napiDalam kesempatan itu, Walikota menegaskan bahwa pemantauan ini guna melihat dari dekat kesiapan rumah singga bagi tahanan dan juga menyiapkan tenaga medis dalam pelayanan kesehatan ditempat ini. Kalau sudah siap maka akan digunakan.

rutan khusus napi“Untuk standardnya diserahkan kepada pihak Kejaksaaan dan Kepolisian, apabila sudah memenuhi syarat maka bisa digunakan bagi tahanan yang dari pemeriksaan medis terindikasi reaktif ataupun terpapar covid-19,” ujar Walikota.

rutan khusus napiSementara itu, Kajari Manado, menyampaikan terimakasih kepada kepada Walikota DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, dan jajaran yang telah menyiapkan rumah singga khusus tahanan yang terpapar covid-19.

rutan khusus napi“Terimakasih kepada Pak Walikota dan jajarannya yang telah menyiapkan rumah singga khusus tahanan sebagai langkah dalam percepatan memutus mata rantai covid-19,” ucapnya

rutan khusus napiHadir juga, Pejabat Kemenkumham Sulut, Unsur TNI/Polri serta para pejabat eselon II dan III, dilingkungan Pemkot Manado.

(liputankhusus)