Kumaat Ikuti Pelantikan Pengurus IPKN Sulut

unsratmanadoterkini.com, MANADO – Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA, mengikuti pelantikan pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) Wilayah Sulawesi Utara (Sulut) Periode 2020-2023. Acara tersebut diikuti Rektor secara Daring, Kamis (15/10/2020).

Pengurus organisasi profesi pemeriksa keuangan negara ini dilantik Dewan Pengurus Pusat IPKN. Diketahui, Kumaat sendiri adalah Dewan Konsultatif IPKN Wilayah Sulut.

Di Sulut sendiri pelantikan dilakukan di Kantor BPK RI. Dimana Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, Karyadi dipilih sebagai Ketua IPKN Wilayah Sulut.

Adapun, pelantikan digelar secara virtual karena di saat bersamaan, selain Sulut dilantik juga pengurus IPKN di Sulsel, Sultra, Suteng, Sulbar, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Anggota V BPK RI, Bahrulah Akbar sebagai Ketua Dewan Pembina IPKN mengatakan, pemeriksa keuangan negara wajib memiliki kompetensi dan profesional.

unsratSebab itu, wajib pemeriksa keuangan memilki organisasi profesi untuk meningkatkan kapasitas organisasi menjamin standar kualitas jabatan pemeriksa.

Terbentuk IPKN landasan utama membina kompetensi keuangan negara secara sistematik. IPKN menjadi wadah komunikasi kordinasi, akuntan, inspektur provinsi, inspektur kabupaten/kota, BPKP dan BPK

“Diharapkan pengawas internal pemerintah meningkatkan sinergi dan kolaboraasi mendorong tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan transparan,” ujarnya.

Bahrulah mengharapkan, pengurus mampu memimpin IPKN dengan baik. “Keberadaan organisasi ini bisa mendukung kompetensi dan profesionalitas pemeriksa keuangan, sehingga IPKN bisa memberikan kontribusi yang maksima,” jelas dia.

Diketahui, kepengurusan IPKN kini sudah ada di 34 Provinsi, setelah dilantiknya Pengurus IPKN di Sulsel, Sulut, Sulbar, Sulteng, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. (*/Rizath)

BPK-RI IPKN Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat

Posting Terkait

Tinggalkan pesan