Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususManado

Bertemu Pjs Gubernur Sulut, Walikota GSVL laporkan persiapan Pilkada di tengah pandemi COVID-19

×

Bertemu Pjs Gubernur Sulut, Walikota GSVL laporkan persiapan Pilkada di tengah pandemi COVID-19

Sebarkan artikel ini

manadoWalikota Manado Dr GS Vicky Lumentut (GSV) bertemu Pjs Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Agus Fatoni, di kantor Gubernur Sulut Jalan 17 Agustus Teling, Rabu (14/10/2020), menyampaikan kondisi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 di tengah pandemi COVID-19.

Walikota GSVL mengatakan, Kota Manado ada di zona orange dan selaku Ketua Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 di Kota Manado ia terus melakukan langkah percepatan penanggulangan dengan bekerja sama dengan Forkopimda Kota Manado memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini.

“Salah satu yang kami lakukan adalah rutin turun ke lapangan mengajak masyarakat bergotong-royong memutus mata rantai COVID-19. Harapan kami dari zona orange saat ini akan bergeser ke zona kuning dan bahkan zona hijau,” ujar Walikota GSVL.

manadoIa menjelaskan langkah-langkah yang sudah dilakukan dalam penanggulangan percepatan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Manado, antara lain:

– Pembentukan Satgas COVID-19 di Setiap Lingkungan di Kota Manado,

– Sosialisasi Peran Perempuan dalam Memutus Mata Rantai Penyebaran COVID-19 di setiap Kelurahan,

– Ketahanan pangan di tengah pandemi lewat program ‘Marijo Ba Kobong’ dan ‘Budidaya Ikan Air Laut’. Program ini menciptakan sumber pendapatan baru masyarakat di masa sulit pandemi saat ini.

– Menerbitkan Peraturan Walikota Nomor 24 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Aturan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus disease di Kota Manado. Untuk melaksanakan ketentuan dalam Diktum kedua angka 6 Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19.

– Pemerintah Kota Manado telah menyelenggarakan Fokus Group Discussion (FGD) pemutakhiran data pemilih dalam upaya membantu KPUD Kota Manado guna pemuktahiran data DP4 Kota Manado. Tujuan menyandingkan data pemilih dengan pemutakhiran data. Sehingga terjadi persamaan persepsi antara pemerintah dengan penyelenggara.

“Kami menyatukan langkah kita, menyatukan pandangan kita terhadap bagaimana memutus rantai penularan ini sampai pada penyelenggaraan Pilkada pada 9 Desember 2020,” ungkap Walikota GSVL pada Pjs Gubernur.

manadoWalikota GSVL berkeyakinan bahwa Pilkada 9 Desember 2020 ini bisa terselenggara dengan baik, dengan harapan dari tahapan ke tahapan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Paling minimal ada gerakan untuk bagaimana mensosialisasikan budaya 4M, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mari kita tingkatkan ibadah dan iman percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ajak Ketua Dewan Pengawas APEKSI ini.

 

Pjs Gubernur kampanye 4M untuk warga Manado

manadoPjs Gubernur Fatoni menyampaikan terima kasih dan dukungan kepada Walikota GSVL bersama jajarannya yang sungguh-sungguh dalam penanggulangan percepatan memutus mata rantai COVID-19 di Kota Manado sebagai Ibukota Provinsi Sulut, dan juga persiapan Pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang, yang tahapannya sudah berjalan dengan baik sekarang ini.

Pertemuan kedua pemimpin daerah ini membahas situasi terkini terkait penanganan pandemi Covid-19 dan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

Kota Manado sendiri menghadapi dua agenda politik secara bersamaan, yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado.

manadoKepada Walikota GSVL dan jajaran yang hadir, Pjs Gubernur Fatoni mengajak agar terus berkoordinasi dan berkomunikasi di tengah situasi pandemi yang melanda saat ini, apalagi juga sementara diperhadapkan dengan Pilkada Serentak.

“Saya mengajak kita semua tetap menjaga kelancaran tahapan Pilkada di Sulut sehingga dapat berlangsung damai, aman, lancar dan sehat dari Covid-19,” ujar Fatoni.

Dalam kesempatan tersebut, tak lupa Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini mengkampanyekan 4M kepada warga Manado untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

manado“Kepada masyarakat Manado, saya mengingatkan untuk terus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yakni menerapkan terus 4M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan,” pesan Fatoni.

Pada kesempatan itu, Pjs Gubernur Fatoni didampingi Sekda Provinsi Sulut Edwin Silangen, dan Asisten III Administrasi Umum Gammy Kawatu.

 

Pjs Gubernur apresiasi upaya Walikota GSVL tangani Covid-19 di Manado

manadoPjs Gubernur Fatoni sendiri mengapresiasi langkah-langkah yang sudah diambil Pemkot Manado di bawah pimpinan Walikota GSVL selaku Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Manado, dalam upaya penanganan Covid-19 di Ibukota Provinsi Sulut ini.

“Terima Kasih atas totalitas Bapak Walikota Vicky Lumentut bersama jajaran Pemerintah Kota Manado dalam memerangi pandemi ini. Kita doakan bersama bencana non ala mini cepat berakhir,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini.

Pun demikian hadir sejumlah pejabat Pemkot Manado, antara lain Kadis PKP M Sofyan, dan Dirut RSUD Manado Sanil Marentek.

(liputankhusus)