Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanHealthyManado

Resmi beroprasi, GSVL hadirkan RSKD Gigi Mulut terbaik di Indonesia

×

Resmi beroprasi, GSVL hadirkan RSKD Gigi Mulut terbaik di Indonesia

Sebarkan artikel ini
manado
Komitmen Walikota Manado GS Vicky Lumentut terhadap pelayanan Kesehatan. (ist)

manadoterkini.com, MANADO –  Hanya dalam tempo dua tahun pasca peletakan batu pertama di tahun 2018 lalu, kini Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Gigi Mulut yang berdiri di sampingi RSUD Kota Manado, Jalan Ringroad, Kelurahan Tingkulu, Kecamatan Wenang resmi beroprasi.

Rumah sakit yang berdiri di atas lahan seluas 1,4 hektare tersebut, diresmikan Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) Selasa (10/11/2020) hari ini.

Bahkan tidak hanya tercatat sebagai RSKD Gigi Mulut pertama di Sulut bahkan di wilayah Indonesia Timur, namun RSKD ini juga merupakan rumah sakit yang memiliki prasarana peralatan canggih dan terlengkap di Indonesia.

manado
Walikota Manado GS Vicky Lumentut menandatangani prasasti pertanda diresmikannya RSKD Gigi dan Mulut. (ist)

Pada kesempatan peresmian, Walikota GSVL mengatakan bahwa pihaknya tidak hanya bertekad menjadikan Kota Manado sebagai destinasi atau tujuan utama pelayanan kesehatan di Sulut, namun bertekad menjadikan salah satu kota tujuan pariwisata kesehatan di Indonesia.

“Konsep kita, RSKD ini tidak sekedar pelayanan kesehatan semata, tapi juga destinasi pariwisata kesehatan. Supaya para turis baik lokal maupun mancanegara juga bisa menikmati pelayanan kesehatan gigi dan mulut maupun pelayanan kesehatan umum lainnya yang ada di Kota Manado,” ujar pemimpin yang konsisten dengan pelayanan publik ini.

Menjadi salah satu RSKD Gigi Mulut terbaik di Indonesia bukan sekedar khayalan, namun dipastikan ini merupakan satu kebanggaan bagi masyarakat Kota Manado karena di bagian timur Indonesia baru ada beberapa daerah yang memiliki RSKD Gigi Mulut.

manado
Gedung RSKD GIgi Mulut berdiri megah di kawasan Ringroad, Manado. (ist)

Dan RSKD Gigi-Mulut Kota Manado diakui tim dari Universitas Indonesia (UI) saat melakukan kunjungan dan melihat langsung alat di rumah sakit ini. Ia menjelaskan, ada 25 unit alat dental di rumah sakit ini, semua merupakan alat yang terbaik.

“Karena itu, saya titipkan untuk para pengelola RSKD Gigi dan Mulut ini agar melayani dengan hati untuk masyarakat Kota Manado. Buat masyarakat kita makin lebih sehat dan murah senyum,” pesan suami tercinta Ketua TP-PKK Kota Manado, Prof Dr Julyeta PA Runtuwene MS (JPAR) ini.

Walikota GSVL memang sukses memajukan dunia kesehatan di Kota Manado. Selain ikut membangun rumah sakit gigi dan mulut pertama di Sulut, tapi juga ikut mempercepat pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang lokasinya hanya bersebelahan dengan RSKD Gigi dan Mulut.

Hadir pada kesempatan tersebut, antara lain Kepala BPK-RI Perwakilan Sulawesi Utara Karyadi, Kepala BPKP-RI Perwakikan Sulawesi Utara Setya Nugraha, Sekda Kota Manado Micler CS Lakat, Kadis Kesehatan Kota Manado dr Ivan Marthen, Direktur RSKD Mulut-Gigi drg Jenny Sumual, dan Direktur RSUD Kota Manado drg Sanil Marentek. (malz)