Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Liputan KhususMinahasa

Kabupaten Minahasa Rayakan Hari Jadi ke 592 Dengan Sederhana

×

Kabupaten Minahasa Rayakan Hari Jadi ke 592 Dengan Sederhana

Sebarkan artikel ini

minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Kabupaten Minahasa membilang usia ke 592 tahun. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada 5 November kali ini, perayaan pesta rakyat Minahasa dilakukan secara sederhana. Hal itu tercermin dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa, pada Kamis (05/11/20) siang tadi yang dilangsungkan di pendopo Benteng Moraya Tondano.

Di momentum bersejarah ini, dimana turut dihadiri Pejabat Sementara Gubernur Sulawesi Utara Dr Agus Fatoni, Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi berkomitmen, mewujudkan cita-cita membangun Minahasa sebagaimana Visi dan Misi ROR-RD yakni, ‘Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera’.

minahasa“Berbagai capaian pembangunan sudah mulai dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat Minahasa. Geliat ekonomi Minahasa makin menunjukkan trend yang  baik, dimana iklim investasi daerah makin baik. Kinerja ekonomi daerah ini tentu memberikan kontribusi penurunan angka kemiskinan dan angka pengangguran dalam tiga tahun belakangan,” kata ROR dalam sambutannya.

Lanjutnya, pengembangan sektor-sektor ekonomi daerah seperti pariwisata, pertanian, perikanan, kelautan dan koperasi, akan terus dimaksimalkan dalam memacu kinerja ekonomi daerah, yang tentunya dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

minahasa“Di bidang pemerintahan, fungsi pelayanan publik dirasakan makin baik dengan wadah R3D Call Center, yang menjadi sarana untuk menyampaikan berbagai keluhan masyarakat dan respon cepat untuk menjawab keluhan tersebut,” ungkapnya.

Sinergitas pemerintahan daerah makin efektif dan kinerja keuangan daerah juga makin baik kata ROR. Menurutnya, Minahasa dalam audit Badan Pemeriksa Keuangan sampai saat ini sudah 6 kali memperoleh Wajar Tanpa Pengecualian secara berturut-turut.

minahasa“Pelaksanaan program menyentuh kepentingan masyarakat Minahasa seperti bantuan seragam sekolah bagi anak kelas 1 SD dan 7 SMP, Program bantuan dana duka, BPJS Ketenagakerjaan yang makin meluas dengan dukungan ASN melalui ASN Care, bantuan keluarga yang terkena bencana, bantuan tas ramah lingkungan bagi setiap keluarga di Minahasa serta mengcover rakyat Minahasa melalui BPJS Kesehatan telah diaktualisasikan,” jelasnya.

Dibidang kemasyarakatan, dimana kondisi stabilitas daerah Minahasa makin kondusif, sehingga stigma-stigma Minahasa masa lalu tinggal menjadi bagian dari perjalanan sejarah Minahasa. Dirinya yakin, dengan dukungan dari Forkopimda dan tokoh-tokoh agama serta tokoh masyarakat, serta dengan topangan dari seluruh rakyat, akan mampu mewujudkan Minahasa aman dan damai.

minahasa“Perjuangan memutus mata rantai Covid-19, mengobati yang sakit dan mencegah kematian, sudah di lakukan. Untuk itu, ROR-RD atas nama Pemerintah Minahasa dan rakyat Minahasa menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada dokter dan perawat serta seluruh petugas kesehatan, kepada tokoh masyarakat, para relawan, awak media, aparat TNI dan POLRI serta para ASN di Tanah Toar Lumimuut, yang tanpa lelah memberikan tenaga dan pikiran dan kepada semua pihak yang ikut membantu penyaluran bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19,” ujarnya.

Dirinya memohon topangan, dukungan, sinergitas, baik pimpinan dan anggota DPRD Minahasa, Forkopimda Minahasa, jajaran Pemerintah Kabupaten, instansi vertikal, perbankan, dunia usaha, tokoh agama, tokoh masyarakat, partai politik, LSM, insan pers, serta semua pihak yang senantiasa mengalirkan dukungan dalam berbagai berbagai bentuk, untuk membangun Minahasa tercinta ini.

“Terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas semua bentuk sinergitas yang senantiasa diaktualisasikan sampai saat ini untuk Minahasa makin berkembang dan makin maju, serta makin hebat kedepan,” pungkasnya.

Sementara, pada Rapat Paripurna Hari Jadi Minahasa ini juga, dilakukan pemberian gelar adat pada Dua Tokoh yang oleh Majelis Kebudayaan Minahasa di pandang layak untuk memperoleh Gelar teesebut yaitu Dr Jan Maringka SH MH sebagai Tonaas Wangko Gumi’iroth Um Banua dan DR Ir  Ellen Joan Kumaat MSc DEA, sebagai Tonaas Papendangan Um Banua. Gelar adat ini merupakan penghargaan dan penghormatan masyarakat Minahasa atas dedikasi dan pengabdian yang sudah disumbangsihkan bagi bangsa dan negara di berbagai bidang.

Hadir dalam acara ini, Staf Ahli Kejaksaan Agung Dr Jan Samuel Maringka SH MH, Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen SH, Kepala Kejaksaan Tinggi  Sulawesi Utara Andi Muh Iqbal Arif SH MH, Danlamtamal VIII Manado TNI (MAR) Philip Rompas, Irdam XIII Merdeka Kodam Brigjen TNI Junior Tumilaar, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Prince Putong SH, Danlautsri Kolonel Penerbang Abram Robert Tumanduk SSos, Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw SE, Sekretaris Daerah Minahasa Frits Muntu, SSos, Bupati Minahasa Periode 2003-2013 Drs Vreeke Runtu, Pjs Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey SSTP, Wakil K3 Surabaya Stenly Haryanto Lukas, Ketua Tim Penggerak PKK Minahasa Dra Fenny Roring-Lumanauw SIP, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Martina Dondokambey-Lengkong SE, Pimpinan dan Anggota DPRD Minahasa dan jajaran Pemkab Minahasa serta tamu dan undangan lainnya. (fis)