Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Kemenpar Salurkan Hibah Rp 19,4 M Untuk Hotel dan Restoran di Manado

×

Kemenpar Salurkan Hibah Rp 19,4 M Untuk Hotel dan Restoran di Manado

Sebarkan artikel ini

disparmanadoterkini.com, MANADO-Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sepakat untuk memberikan kucuran dana sebesar Rp.19,4 miliar dalam rangka penguatan ekonomi nasional (PEN) kepada Pemerintah Kota Manado.

Walikota Manado melalui Kabag Pemerintahan dan Humas Pemkot Manado Sonny M. Takumansang mengatakan, sasaran utama alokasi dana hibah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut adalah, pemulihan Industri Hotel dan Restoran agar dapat bertahan dan kembali bangkit di tengah pandemi ini, terutama industri Pariwisata Kota Manado yang sangat terpukul dengan Pandemi Covid-19.

“Pak Walikota GSVL berharap dengan adanya pemberdayaan dana hibah dari Kementerian Pariwisata ini akan membangkitkan kembali sektor ekonomi pariwisata yang terdampak akibat covid 19,” tutur Takumansang.

Lanjut Takumansang, terkait dana hibah tersebut maka pemkot Manado intens melakukan rapat evaluasi terkait hotel dan restorant yang berperan aktif menunjang PAD di kota Manado. “Sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dari pemerintah pusat, 70 % anggaran diperuntukan bagi restoran dan hotel yang memiliki izin dan berkontribusi terhadap PAD Kota Manado pada tahun lalu. Sedangkan 30 % sisanya akan dimanfaatkan untuk implementasi CHSE didaerah dan revitalisasi sarana prasarana pariwisata,” ucapnya.

Sementara, Andi Wijaya, salah satu pemilik restoran di kawasan Jalan Sudirman mengatakan, pihaknya ikut menyampaikan rasa terima kasih kepada Walikota Manado GS Vicky Lumentut yang menyatakan kepedualian yang tinggi terhadap pengusaha restoran maupun hotel diera pandemi.

“Saya belum tahu mekanismenya seperti apa, tapi ini adalah langkah politik yang sangat positif untuk memberdayakan sektor pariwisata di kota Manado,” jelas Ko Andi. (*/malz).