Konsultasi Publik RPJMD Tahun 2021 – 2026, Wali Kota Ingatkan PD Kawal Program CSWL

tomohon
Wali Kota Tomohon Caroll J.A Senduk SH, didampingi Sekda Jemmy Ringkuangan AP MSi dalam Konsultasi Publik RPJMD Tahun 2021 – 2026. (ist)

manadoterkini.com, TOMOHON – Kepala Perangkat Daerah (PD) dan jajarannya harus berperan secara optimal dalam mengawal program dan kegiatan strategis sebagaimana tertuang dalam visi dan misi dalam RPJMD Kota Tomohon, Tahun 2021-2026.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Caroll J.A Senduk SH, saat manghadiri sekaligus menjadi pemateri pada Konsultasi Publik RPJMD Tahun 2021 – 2026, yang digagas Badan Perencanaan, Penelitian Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) di Aula Lantai III Mal Pelayan Publik Tomohon, Kamis (25/3/2021).

“Forum konsultasi publik merupakan momen yang sangat strategis bagi kita untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis serta untuk mendapatkan masukan dan saran guna menyempurnakan rancangan awal RPJMD Kota Tomohon Tahun 2021-2026,” terang Senduk.

Dikatakan Senduk, tahapan awal sudah dilakasanakan yaitu penyusunan dokumen rancangan teknokratik RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 yang merupakan dokumen perencanaan 5 (lima) tahunan yang disiapkan oleh pemerintah dengan sepenuhnya menggunakan pendekatan teknokratik sebelum terpilihnya kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Karena setiap perencanaan pembangunan harus dilakukan dengan menggunakan metode dan kerangka berpikir ilmiah, sehingga dapat tepat sasaran serta tujuan,” ucap Walikota.

Wali Kota berharap kegiatan ini bisa menghasilkan output dan outcomes untuk pembangunan yang lebih baik dan memberikan kontribusi terhadap pemenuhan indikator kinerja utama (IKU) dan indikator kinerja daerah (IKD).

Senduk mengapresiasi positif adanya forum ini yang melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan daerah. Pasalnya, partisipasi publik untuk menghasilkan kesepakatan tahap-tahap penting dalam pengambilan keputusan perencanaan.

“Kami harapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk dapat mengkaji ulang dan mengevaluasi hasil-hasil proses perencanaan yang telah disusun Pemkot Tomohon. Penyusunan dokumen rpjmd kota tomohon tahun 2021-2026 tentunya harus mengacu pada visi yakni Tomohono Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera,” tegasnya.

Walikota juga mengatakan, kemajuan pembangunan di Kota Tomohon merupakan hasil sinergitas yang baik, antara Pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK drg. Jean D’Arc Senduk – Karundeng bersama Sekretaris Daerah Jemmy Ringkuangan, AP MSi, Kepala BAPPEDA Prov Sulut diwakili Kabid Monev DR. Adiarto Utia, M.Si, para anggota DPRD Tomohon, mengikuti lewat virtual, para tim ahli RPJMD Tomohon 2021-2026, seluruh stake holder serta jajaran pemerintah Kota Tomohon.

(*/don/malz)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.