Sejarah baru, Wali Kota ke 21 dan Wawali ke 5 Pimpin Manado

manadomanadoterkini.com, MANADO – Hari ini, Senin 10 Mei 2021, menjadi Hari Bersejarah bagi Kota Manado. Bertempat di Gubernuran Bumi Beringin, Gubernur Sulawesi Utara, Bapak Olly Dondokambey, akan melantik Bapak Andrei Angouw dan Bapak dr Richard Sualang menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Periode 2021 – 2024.

Pelantikan yang kemudian disusul Serah Terima Jabatan dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota sebelumnya, Bapak G.S. Vicky Lumentut dan Bapak Mor Dominus Bastiaan, ini menandai dimulainya era baru pemerintahan di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara.

Dari sejarah panjang Pemerintahan Kota Manado yang sudah dimulai sejak masa pemerintahan Hindia Belanda, sejak era Kemerdekaan Republik Indonesia, dari Burgemeester/Kepala Distrik hingga Wali Kota/Penjabat/Pelaksana Tugas, Bapak Andrei Angouw dan Bapak dr. Richard Sualang, secara resmi akan memulai tugas sebagai Wali Kota ke-21 dan Wakil Wali Kota ke-5.

Pada beberapa referensi, ditemukan nama Bernard Wilhelm Lapian sebagai Wali Kota atau Burgemeester pertama, akan tetapi dari penelusuran dokumen baik pada sumber resmi seperti Majalah Berhikmat terbitan Juli 1995 maupun konfirmasi terhadap Sejarawan Bode Grey Talumewo, Manado terbagi dalam 2 distrik yaitu Manado Utara dan Manado Selatan. Bernard Wilhelm Lapian sendiri merupakan Kepala Distrik Manado Utara.

Berikut daftar Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado sejak era Kemerdekaan Indonesia yang saat itu disebut Burgemeester hingga sebutan Wali Kota dan Wakil Wali Kota saat ini.

manado

manado

manado

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.