Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Pemdes Toyopon Salurkan BLT-DD Bulan Januari Kepada 115 KPM

×

Pemdes Toyopon Salurkan BLT-DD Bulan Januari Kepada 115 KPM

Sebarkan artikel ini
minsel
Pemdes Desa Toyopon saat menyalurkan BLT-DD

manadoterkini.com, AMURANG
Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Toyopon Kecamatan Motoling Barat untuk Tahap Pertama Bulan Januari 2021 telah dilaksanakan di Rumah Hukum Tua (Kumtua) Desa Toyopon.

Pemerintah Desa (Pemdes) Toyopon menyalurkan sebanyak 115 BLT-DD kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Jumlah tersebut sesuai dengan hasil pendataan KPM yang diperoleh dari musyawarah di tingkat Kecamatan untuk kemudian ditetapkan di tingkat Desa melalui Musyawarah Desa (Musdes).

Adapaun penentuan penerima BLT-DD ini didasarkan pada keluarga yang belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah baik melalui PKH, BPNT, KKS, BST maupun program bansos lain.

“Kriteria tersebut ditetapkan agar memudahkan pendataan calon KPM agar tidak menerima bantuan ganda yang bersumber dari anggaran Pemerintah, sehingga dapat terjadi pemerataan penyaluran bantuan,” ujar Kumtua Desa Toyopon Elke Umboh.

Lanjut Dia, penyaluran BLT-DD dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti mempersiapkan tempat duduk berjarak agar tidak terjadi kerumunan, melakukan pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, serta mengenakan masker.

“Ada satu loket disediakan untuk melayani 115 KPM Penerima BLT-DD, sebagaimana jadwal yang sudah disampaikan sebelumnya kepada calon penerima.

Sebagai syarat penggambilan BLT-DD penerima diharuskan membawa syarat berupa surat pernyataan yang memuat belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah, fotokopi KTP dan KK untuk mengecek warga yang datang adalah benar-benar KPM yang sudah ditentukan.

“Masing-masing KPM menerima bantuan sejumlah Rp. 300.000 yang bersumber dari Dana Desa. Hal tersebut sesuai dengan instruksi PMK-222 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 yang didalamnya memuat bahwa BLT-DD harus dilaksanakan selama 12 bulan,” jelasnya.

Pemerintah Desa berharap dengan adanya BLT-DD ini dapat memberikan sedikit dukungan kepada warga dalam menjalani hidup ditengah Pandemi Covid-19.

Turut hadir pula dalam pelaksanaan penyaluran BLT-DD yakni Camat Motoling Barat Ruddy Liow, Kapolsek Motoling Mulyadi Lontaan, Danramil Motoling, Babinsa Desa Toyopon, Ketua BPD Desa Toyopon Wenny Tumuju, Pendamping Desa dan warga penerima BLT-DD.(dav)