Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEkonomi dan Bisnis

Rio Dondokambey Tegaskan Sulut Bakal Wujudkan Mimpi Jokowi

×

Rio Dondokambey Tegaskan Sulut Bakal Wujudkan Mimpi Jokowi

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Propinsi Sulut Rio Dondokambey menegaskan bahwa Propinsi Sulut menjadi pemain utama mewujudkan mimpi Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi), yang ingin pemerataan semua sektor di tanah air.

Pernyataan menarik tersebut disampaikan Rio saat kegiatan silaturahmi bersama Menteri Investasi/Kepala Badan Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dengan KADIN Nasional dan KADIN Sulut di Hotel Luwansa Manado, Sabtu (12/6/2021).

“Mimpi pak Presiden Jokowi adalah meratakan semua sektor dan Sulut bisa menjadi salah salah pemain utama, karena potensi yang kita miliki. Terutama posisi kita yang strategis di ujung Pasifik yang menunjukan bahwa posisi kita paling strategis di Indonesia sebagai jalur perdagangan dan transportasi ke negara-negara yang ada di wilayah Pasifik,” ungkap sosok jebolan universitas ternama di Amerika.

Lebih lanjut kata Rio, Sulut adalah Provinsi yang sedang berkembang dengan memainkan berbagai sektor terutama ekonomi perdagangan hingga pariwisata.

Terbukti menurut Bung Rio, adanya Kawsan Ekonomi Khusus (KEK) di Kota Bitung, KEK Pariwisata Likupang Minut dan Kawasan Industri di Bolmong (Kimong).

Lanjutnya, dengan memiliki Potensi tersebut, maka Sulut layak bersaing dalam bidang perdagangan.

“Kita ketahui bersama bahwa saat ini Sulut, merupakan salah satu daerah dengan potensi pariwisata yang sangat diincar oleh para Investor.”

“Untuk itu, kita yang tergabung dalam KADIN harus segera bergerak cepat, untuk memajukan perdagangan lewat potensi pariwisata yang ada, sehingga daerah kita mampu bersaing dengan daerah lain,” tegas Rio.

Dalam kesempatan itu Rio  sangat berterima kasih kepada Menteri Bahlil Lahadalia yang sudah meluangkan waktu datang di acara tersebut, dengan memuji Menteri yang bisa peduli akan adanya KADIN sebagai jembatan kemajuan Perdagangan.

“Saya salut kepada bapak menteri, yang peduli dengan KADIN, semoga dengan saya mengundang Pak Menteri di daerah kami ini bisa menjadi salah satu awal kerjasama yang baik. Dimana dengan kebijakan bapak, KADIN Sulut bisa berkembang untuk menunjang sektor perdagangan, sehingga roda perekonomian di Sulut terus berputar demi mensejahterakan rakyat,” tutur Rio.

Bak gayung bersambut Menteri Bahllil Lahadalia ketika dipanggil untuk membawakan sambutan balik memuji Rio Dondokambey dengan mengatakan bahwa Pidato yang disampaikan Rio sangat berkelas.

“Wah pidato Rio ini sangat berkelas, bahkan saya merasa terancam, bapak Gubernur Olly Dondokambey bahkan bisa tersaingi,” ucap Bahlil sambil tertawa.

Dalam kesempatan tersebut juga selain memuji Rio Dondokambey, menteri menyatakan bahwa perkembangan ekonomi sudah sangat merata dengan meningkatnya investasi di luar Pulau Jawa.

“Saat ini, investasi di luar pulau jawa sangat meningkat. Jadi bisa dipercaya bahwa Sulut bisa bersaing dengan daerah lain. Dan untuk memajukan itu, saya akan berkordinasi langsung dengan Rio Dondokambey sebagai Ketum KADIN Sulut untuk memberikan kebijakan demi kemajuan perekonomian Sulut. Saya percaya Rio Dondokambey bisa melakukan itu lewat KADIN,” jelas Bahlil Lahadalia.

Turut hadir pada Silaturahmi ini Wakil Ketua KADIN Nasional Arsjad Rasjid, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin Lotulung SH MH, Kepala SKPD Pemprop Sulut yakni Ronald Sorongan, Franky Manumpil dan Edwin Kindangen, para tamu undangan perwakilan KADIN dari beberapa Provinsi di Indonesia Timur dan juga dari Provinsi Jambi, serta jajaran pengurus KADIN Sulut.(*/Rizath)