Antisipasi COVID-19 di Pengucapan Syukur, Pemprov Gelar Rakor Dengan Kepala Daerah

Antisipasi COVID-19 di Pengucapan Syukur, Pemprov Gelar Rakor Dengan Kepala Daerah

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven O.E. Kandow memimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pengucapan Syukur Tahun 2021 bersama para tokoh agama serta kepala-kepala daerah se Sulut di Luwansa Hotel Manado, Senin (28/6/2021).

Olly Dondokambey memaparkan perkembangan epidemiologi (penyebaran) Covid-19 yang terjadi di daerah Sulawesi Utara.

Trend pertambahan jumlah kasus positif harian di Sulawesi Utara sejak 1 Februari hingga 31 Maret 2021 mengalami penurunan, namun di awal Juni mulai naik mengikuti trend yang berkembang saat ini.

“Rata-rata kasus harian per bulan Mei di angka 5, namun pada bulan Juni meningkat menjadi 15,” tambahnya.

Melihat kondisi epidemiologis Sulut mulai menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan, Olly menyampaikan untuk segera diantisipasi agar tidak membebani Sistem Kesehatan.

“Situasi dan kondisi Covid-19 ini harus kita waspadai,” lanjutnya.

Olly menambahkan bahwa jumlah kematian kasus covid-19 juga mengalami peningkatan, dan rata-rata adalah yang belum divaksin.

Olehnya Olly mengimbau kepada seluruh kepala daerah yang hadir untuk mempercepat proses pelaksanaan vaksinasi di daerah masing-masing agar dapat membentuk kekebalan tubuh, guna meminimalisir dampak Covid-19.

Terlebih dengan munculnya varian Delta. Vaksin Covid-19 terbukti mampu memberikan perlindungan diri terhadap infeksi virus tersebut, serta dapat menghambat penyebarannya.

Olly mengungkapkan total target vaksinasi di Sulut adalah 1,8 juta hingga Desember, dengan target suntikan per hari sebanyak 10.000 suntikan. Diharapkan pada Oktober dan November 2021 semua sasaran vaksinasi telah tervaksin dosis 1.

“Saya mengharapkan peran para Pemuka agama dan Tokoh masyarakat dalam rangka mempercepat capaian vaksinasi,” tuturnya.

Terkait acara pengucapan syukur yang rutin dilaksanakan setiap tahun, berdasarkan hasil rapat bersama, Gubernur menyimpulkan bahwa akan diselenggarakan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Provinsi pada bulan September.

“HUT Provinsi hari Kamis tanggal 23 September, jadi Pengucapan Syukur akan diadakan serentak pada hari Minggu tanggal 26 September. Sambil melihat perkembangan keadaan (situasi dan kondisi) kita akan menerapkan protokol kesehatan ketat dan penjagaan di pintu masuk tiap daerah untuk mencegah tamu yang akan berkunjung,” tandasnya.

Hadir dalam Rakor tersebut Sekdaprov Edwin Silangen, Ketua FKUB Sulut Pdt. Lucky Rumopa, Ketua BAMAG Sulut Pdt. Johan Manampiri, Ketua BPMS GMIM Pdt. Hein Arina, serta pejabat terkait lainnya di lingkup Pemprov. Sulut. (*/Rizath)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.