Pasar Rakyat Tumpaan diresmikan Wamendag, PRY : Pemkab Minsel berkomitmen kembangkan fasilitas

Pasar Rakyat Tumpaan diresmikan Wamendag, PRY : Pemkab Minsel berkomitmen kembangkan fasilitas

minselmanadoterkini.com, AMURANG  – Bupati Franky Donny Wongkar SH yang diwakili oleh Wakil Bupati (Wabup) Pdt Petra Yani Rembang mengatakan pasar rakyat memegang peran yang sangat penting di tengah masyarakat, serta dapat mempengaruhi kestabilan ekonomi di daerah Minahasa Selatan.

“Maka kami berkomitmen untuk terus mengembangkan fasilitas pasar yang ada di Kabupaten Minsel,” kata Rembang usai peresmian Pasar Rakyat oleh Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) DR Jerry Sambuaga
di Desa Tumpaan Baru, Kecamatan Tumpaan pada Selasa (29/6/2021).

Menurut Rembang, beberapa kegiatan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Minsel, meliputi kebersihan, mengkondisikan lantai agar tetap kering dan tidak becek, penataan barang dagangan, lorong yang luas, penataan ventilasi, menjamin keamanan, dan lainnya.

“Maka perlu menyusun strategi agar pasar rakyat menjadi tempat transaksi yang layak, tanpa harus menghilangkan ciri khas pasar rakyat,” katanya.

Dia mengatakan, di Kabupaten Minsel saat ini terdapat ratusan pasar dan resto yang dikelola Dinas Perdagangan Kabupaten Minsel.

Sebelumnya, Wamendag DR Jerry Sambuaga mengatakan bahwa, program semacam ini perlu diteruskan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN, serta dunia usaha. Sehingga semua pasar pada waktunya nanti diharapkan bisa menjadi pusat belanja yang bersih, sehat, aman, nyaman dan terawat.

“Pada 2020 Kementerian Perdagangan RI telah menetapkan revitalisasi terhadap 143 unit pasar rakyat, yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota. Disamping membangun fisik pasar, Kami juga berupaya merevitalisasi manajemen pengelolaan pasar serta memberikan edukasi kepada pedagang pasar agam memberi daya saing terhadap toko modern,” katanya.

Setelah meresmikan Pasar Rakyat Tumpaan, rombongan Wamendag dan Bupati Minsel yang didampingi Wabup Minsel serta Kepala Dinas Perdagangan Minsel Adrian Sumuweng langsung menuju Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat untuk meninjau Sistem Resi Gudang (SRG).(dav)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.