Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Ekonomi dan BisnisTomohon

Pasar Beriman Tomohon Mulai Gunakan Metode Pembayaran Non Tunai

×

Pasar Beriman Tomohon Mulai Gunakan Metode Pembayaran Non Tunai

Sebarkan artikel ini

tomohonmanadoterkini.com, TOMOHON – Pembayaran non tunai mulai diterapkan di Pasar Beriman Tomohon. Hal itu seiring diluncurkanya program Cashless oleh Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH pada Kamis (01/07/2021) siang tadi sitandai dengan bar scanning.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini akan memberikan spirit bagi tumbuhnya motivasi masyarakat untuk memanfaatkan lembaga keuangan perbankan melalui transaksi cashless,” ujar Senduk.

Launching cashless ini memiliki makna yang sangat penting dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya di Kota Tomohon. Karena dengan diberlakukannya transaksi non tunai bagi dunia usaha sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran dan pemerintah yang dapat meningkatkan akuntabilitas dan transaksi pengelolaan keuangan daerah.

“Hadirnya cashless qris ini merupakan perwujudan ekosistem digital dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Dan dengan penggunaan qris yang luas akan membantu mendukung perluasan jaringan usaha pedagang,” jelasnya.

Cashless sangat memberi manfaat kepada masyarakat lebih khusus saat pandemi Covid-19. Karena dengan memberlakukan metode transaksi scan qr menjadi salah satu upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.

Transaksi non tunai tanpa kartu sangat meminimalisir sentuhan atau kontak langsung dengan media lain dalam melakukan berbagai transaksi. Masyarakat cukup menggunakan satu qr code untuk seluruh transaksi sehingga menjadi lebih efisien, mudah dan lebih aman.

“Saya sangat berharap masyarakat dan pelaku usaha di Kota Tomohon dapat memanfaatkan penggunaan cashless qris secara intensif agar memberikan pelayanan sistem pembayaran yang lebih fleksibel dan banyak manfaat kepada masyarakat yang pada akhirnya akan mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan pergerakan arus barang dan jasa di Kota Tomohon,” harap Senduk.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan Wi-Fi gratis dari Bank Indonesia kepada Asosiasi Pedagang Pasar, Penyerahan Program sosial Bank Indonesia, Penyerahan masker dari Wali Kota kepada Kadis Kesehatan dalam rangka gerakan wajib pakai masker.

Tampak hadir Deputi Direktur Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Haratua Pangabean, Pemimpin Wilayah BNI SULUTTENGGOMALUT Koko Prawira Butar – Butar, Pemimpin BNI Tomohon Darel Kereh, Wakil Pemimpin BNI Tomohon Susilawati Buchari, Pemimpin Kelompok Solusi Digital BNI Kantor Wilayah Manado Densi Sidangoli, Plt Dirut PD Pasar Tomohon Dra Lily Solang MM, serta jajaran pemerintah Kota Tomohon. (fis)