Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Cuaca Ekstrim Melanda Sulut, Masyarakat  Diminta Waspada, Ini Imbauan BMKG

×

Cuaca Ekstrim Melanda Sulut, Masyarakat  Diminta Waspada, Ini Imbauan BMKG

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, MANADO – Cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan di wilayah di Indonesia bagian tengah dan timur termasuk Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah dikeluarkan BMKG.

Peringatan potensi terjadi cauca ekstrim dikeluarkan BMKG lewat pres rilisnya yang menyebutkan, kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia. Selain itu, terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dapat mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Berdasarkan analisis, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas sedang sampai lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah berikut ini:

– Pada tanggal 16-18 Juli 2021 : Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

– Pada tanggal 19-21 Juli 2021 : Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

– Pada tanggal 22-23 Juli 2021 : Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BMKG pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan (hujan secara sporadis, lebat, dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es), yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi. (*/aldi)