Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususPemerintahan

OD-SK Terus Perjuangkan Sektor Pariwisata Dan Infrastruktur Dimasa Pandemi

×

OD-SK Terus Perjuangkan Sektor Pariwisata Dan Infrastruktur Dimasa Pandemi

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK) Terus memperjuangkan berbagai program dan infrastruktur Pariwisata Sulut meski ditengah pandemi.

sulutInovasi dan kreasi dalam mengangkat program unggulan sesuai visi misinya khusus Pariwisata dan Infrastruktur ditengah pandemi COVID-19 terus dilakukan, dan berusaha semaksimal mungkin dan sekiranya ada celah, pasti diwujudkan.

Dimaklumi bersama dampak terbesar akibat pandemi salah satunya adalah Pariwisata.

sulutProgram Kegiatan yang sudah di rencanakan sepanjang tahun berjalan ini, lebih khusus di semester I, terpaksa di batalkan secara fisik, namun lainnya dapat di lakukan secara Virtual.

Industri Pariwisata dalam Visi Misi menjadi Primadona di antara Industri llainnya.

sulutKini menunda sejenak dan ketika covid berlalu pasti dengan Sinergitas, Paduan Koordinasi “Pentahelix Pariwisata” akan memacu ketertinggalan yang ada.

Sebelumnya atas kerja keras Gubernur Olly, Pariwisata telah mendatangkan tourist mancanegara dan domestik yang luar biasa “signifikan”.

sulutDiakui kepiawayan Gubernur yang membuka diri, mempromosikan memviralkan dimana Sulut mempunyai destinasi yang indah, lengkap dan beragam.

Hal ini membuat wisatawan tertarik berkunjung dan menjadi kagum, betah bahkan mau balik lagi di Bumi Nyiur Melambai yang kita cintai bersama.

sulutTerdampaknya Pariwisata bukan kesalahan program tapi karena virus Covid-19 yang tidak dapat di hindari dan ini terjadi di seantero dunia.

Sehingga tercatat kunjungan Wisatawan januari SD juni Wisman 9.102 dan Wisnus 233.849.

sulutDengan berbagai potensi yang ada (letak geografis, geoposisi dan geostrategis) di Sulawesi Utara, maka pembangunan infrastruktur untuk menunjang pariwisata sebagai gerbang Indonesia di kawasan Pasifik, tentu perlu didukung oleh SDM yang unggul, handal, berkualitas serta bertaraf internasional.

Seperti yang di sampaikan Kadis Pariwisata Daerah Provinsi Sulut Henry Kaitjily dimana pariwisata membutuhkan SDM Pariwisata yang handal sehingga diperlukan Pelatihan SDM Parwisata dan Ekonomi Kreatif dalam bentuk
Sosialisasi, FGD dan Bimtek bekerjasama dengan Kemenparekraf untuk meningkatkan aspek-aspek: hospiltality, marketing, digitalisasi, kuliner.

sulutDalam rencana kegiatan ada beberapa
Event di Sulut yang masuk
Kharisma Event Nasional (KEN) Tahun 2021

Walaupun dalam Pandemi tapi Infrastruktur tetap berkelanjutan yakni Pembangunan KEK Pariwisata Likupang yang masuk dalam 5 Destinasi Wisata Super Prioritas.

sulutDalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 84 Tahun 2019 rencana Beroperasi pada Januari 2022, Lokasi : Desa Pulisan, Kecamatan
Likupang Timur Minahasa Utara.

Dengan perkiraan Investasi Pembangunan Kawasan Rp. 7.1 Triliun Rp 1.1 T infrastruktur dan Rp. 6 T Kawasan Komersial; Investasi pelaku usaha tidak terbatas Luas : 197,4 Ha.

sulutDan Penyerapan Tenaga Kerja ±6.375 orang tenaga kerja sampai tahun 2030.

Menurut Plt. Kadis PU-PRD Provinsi Sulut Adolf Harry TTamengke, terkait dengan Pembangunan Infrastruktur Tahun 2021 mendapatkan total anggaran RP. 226,4 M. Dana PEN 2020 yang di kerjakan Tahun 2021.

“Ini diperuntukan antara lain: Pembangunan Jembatan, Peningkatan Jalan, Pembangunan Jalan, Rehabilitasi Jaringan Irigasi, Operasi dan Pemeliharaan, Pembangunan SPAM, Pembuatan Saluran, Drainase Ruas Jalan, Pembangunan Talud, Rehabilitasi dan Pembangunan Gedung lainnya “pungkas kadis. (Adv/Kominfo Sulut)