Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususPemerintahan

Pemprov Sulut Sukses Laksanakan Rangkain Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI Ditengah Pandemi

×

Pemprov Sulut Sukses Laksanakan Rangkain Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI Ditengah Pandemi

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Gubernur Olly Dondokambey menjadi Inspektur Upacara Kenaikan Bendera dalam rangka Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus tahun 2021 di Halaman Kantor Gubernur Sulut, Selasa (17-8-2021).

sulutUpacara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri peserta secara luring dan daring.

sulutPeringatan Hut ke -76 kemerdekaan RI meski dirayakan secara terbatas, melalui live streaming tapi tetap khusyuk, khidmat dan kobaran semangat membara.

sulutPada detik-detik proklamasi mengenang para pahlawan bangsa, kita berdiri siap, berdiri tegak sambil tertunduk pertanda hormat bagi para Pejuang yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah

sulut“Lanjutkan perjuangan para pendahulu, isilah kemerdekaan melalui pembangunan di segala bidang dan walaupun di tengah Pandemi covid -19 Indonesia tangguh Indonesia tumbuh,” jelas Olly.

sulutSementara pada upacara HUT RI kali ini bertindak selaku Perwira Upacara adalah Mayor Kal Ramhdani dari Akademik Angkatan Udara, Letkol Sus Toni Atmaja bertindak sebagai Komandan Upacara dari Akademik Angkatan Udara, Kasie. BMP Dislog Lanud Samratulangi.

sulutPembacaan Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Provinsi Sulut Fransiscus Silangen.

Pengibaran bendera Merah Putih sukses dilakukan pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) di bawah komando Lettu Sus Gede Dylan Pratama Wijaya dari Akademik Angkatan Udara.

sulutUpacara ini berlangsung penuh khidmat sekalipun dilaksanakan secara terbatas akibat pandemi Covid-19 dan bendera Merah Putih berhasil dikibarkan dengan sukses sempurna oleh anggota Paskibraka.

sulutGubernur Sulut Olly Dondokambey usai pelaksanaan upacara bendera mengatakan bahwa masyarakat Sulut patut bersyukur karena ditengah Pandemi pertumbuhan ekonomi menunjukkan tren positif.

sulut“Kita semua harus mematuhi Protokol kesehatan untuk melawan Covid-19, sekaligus kita bersyukur karena meski di tengah pandemi Covid-19, ekonomi kita di Sulut bisa bertumbuh positif,” kata Olly.

sulutSeperti diketahui pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara pada tahun 2021, sebagaimana dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, terbilang tinggi pada kuartal II-2021 yakni tumbuh 8,49 persen year on year.

sulutUpacara ini dilakukan sederhana dengan kehadiran fisik secara minimalis baik peserta upacara maupun para tamu undangan.

sulutHadir dalam upacara tersebut yakni Forkopimda Provinsi Sulut, Wakil Gubernur Steven Kandouw beserta Istri dr. Devi Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen beserta Istri, Ketua dan Anggota Dewan Provinsi Sulut, Forkopimda, Perwakilan dari Perbankan/instansi Vertikal serta para Asisten dan perwakilan Pejabat eselon II dan secara virtual telah diikuti seluruh rakyat Sulawesi Utara melalui Youtube pemprov, siaran RRI dan TVRI.

Sulut tSebelumnya, Pemprov Sulut sendiri telah melaksanakan rangkain kegiatan Peringatan HUT ke -76 kemerdekaan RI dengan sukses, diantaranya mendengarkan pidato Presiden, Ziarah ke makam pahlawan, memberikan bantuan untuk para veteran dan pemberian remisi.

sulutGubernur Sulut, Olly Dondokambey memberikan bantuan uang tunai bagi veteran yang tergabung dalam Organisasi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sulut.

sulutBantuan diberikan pada momen peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI usai upacara bendara di Lapangan Kantor Gubernur, Selasa (17/8/2021).

sulutPemprov juga mengucurkan bantuan sekitar Rp300 juta untuk bantuan ke LVRI. Masing-masing Anggota LVRI menerima Rp 500 ribu. ada sekitar 600 orang Anggota yang tergabung dalam LVRI.

sulutTahun ini kata salah satu anggota veteran Jhony, sudah kali ketiga bantuan diberikan. Di momen HUT kemerdekaan ini, Johny pun menyampaikan seruan semangat 45 khusus bagi generasi muda.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Selasa (17/08/2021) memimpin upacara penyerahan remisi atau pemotongan masa tahanan bagi Narapidana dan Anak di Sulawesi Utara (Sulut) yang dilaksanakan Kementerian Hukum dan HAM RI di Bumi Beringin Kota Manado.

Kiranya dengan adanya pemberian Remisi ini kata Kandouw, Warga Binaan Pemasyarakatan agar terus menerus berupaya memperbaiki diri, karena semakin cepat mereka merubah perilakunya menjadi baik maka dapat lebih cepat pula mereka berintegrasi kembali dengan masyarakat.

Steven Kandouw juga mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi, Kota Manado, Senin (16/8/2021) tengah malam hingga Selasa (17/8/2021) dini hari.

sulutApel Kehormatan dan Renungan Suci dipimpin Pangdam diawali dengan perhormatan kepada arwah pahlawan, dilanjutkan dengan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci, mengheningkan cipta, pembacaan doa dan penghormatan kepada arwah pahlawan.

Tampil sebagai Inspektur Upacara Pangdam Komando Daerah Militer XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Wanti Waranei Franky Mamahit. (Adv/Diskominfo Sulut)