Kendalikan Inflasi, Pemkot Tomohon Rutin Pantau Harga Bapok

Kendalikan Inflasi, Pemkot Tomohon Rutin Pantau Harga Bapok

tomohonmanadoterkini.com, TOMOHON – Wali Kota Caroll Senduk mengatakan bahwa sebagai upaya mengendalikan inflasi di Kota Tomohon, pihaknya didalamnya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) telah melaksanakan langkah-langkah konkrit.

Seperti membahas program unggulan masing-masing Peeangkat Daerah bersama Instansi terkait, baazar murah dalam rangka hari raya keagamaan serta pemantauan harga pangan.

“Jadi nstansi terkait sebagai penunjang pengendalian inflasi daerah Kota Tomohon saat ini terus melakukan pemantauan harga dan stok barang pokok (Bapok) dan barang penting lainnya pada pasar rakyat yang terintegrasi dalam sistem informasi perdagangan. Melakukan baazar pangan murah untuk sembilan bahan pokok, lumbung pangan masyarakat komoditas beras, pemantauan harga 14 komoditas,” ungkap Senduk usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2021 secara virtual yang dibuka Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo pada Rabu, (25/08/2021) siang tadi.

Presiden saat membuka kegiatan menekankan bahwa hal untuk menjadi perhatian TPIP (Tim Pengendalian Inflasi Pusat) dan juga TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah), yaitu jaga terus ketersediaan stok dan stabilitas harga barang-barang, utamanya barang kebutuhan pokok.

Kemudian TPIP dan TPID diminta tidak hanya fokus mengendalikan inflasi saja, tetapi juga harus proaktif mendorong sektor ekonomi yang tumbuh makin produktif, membantu meningkatkan produktivitas petani dan nelayan, memperkuat sektor UMKM agar mampu bertahan dan bisa naik kelas.

Kemudian harus memanfaatkan momentum pandemi ini untuk meningkatkan nilai tambah di sektor pertanian. Karena di tengah pandemi COVID-19, sektor pertanian menjadi sektor unggulan. (fzr)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.