Minahasa Menuju Smart City, Penyusunan Masterplan Tahap Dua Dimatangkan

Minahasa Menuju Smart City, Penyusunan Masterplan Tahap Dua Dimatangkan

minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Bupati Minahasa diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Agustivo Tumundo membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Smart City Tahap Dua yang dilaksanakan di pendopo Benteng Moraya Tondano pada Senin (13/09/2021) siang tadi.

Pada kesempatan tersebut, Tumundo mengatakan bahwa kegiatan itu diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia.

“Pemkab Minahasa menyambut baik kegiatan Ini, dimana saat ini kita sudah masuk pada Bimtek penyusunan master plan smart city tahap dua dari empat tahap yang telah dijadwalkan,” ujar Tumundo.

Lanjutnya, smart city adalah konsep pembangunan pemerintah daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi. Sehingga setiap program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah akan bermanfaat langsung kepada masyarakat, dan masyarakat merasakan aman, nyaman, mudah, sehat, makmur.

“Dan pada akhirnya akan meningkatkan kinerja pemerintah daerah dan meningkatkan partisipasi masyarakat. Dimana setiap aspek kehidupan kita sudah didukung dengan teknologi informasi dan komunikasi yang membuat kehidupan kita lebih baik lagi,” ungkapnya.

Tumundo menerangkan bahwa dalam rangka pelaksanaan smart city di daerah (Smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart environment, dan smart society) perlu disusun rencana aksi.

Seperti perencanaan terkait dengan kebijakan-kebijakan, pemenuhan infrastruktur fisik, digital, teknologi, dan sosial, penyiapan aplikasi yang mendukung proses bisnis. Baik yang sudah disiapkan dari pusat maupun aplikasi khusus di daerah dengan konsep yang tidak berdiri sendiri termasuk datanya yang harus berbagi pakai. Serta penyiapan program-program untuk mendukung literasi masyarakat khususnya literasi digital.

“Atas nama Pemkab Minahasa menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI yang telah mendukung kami melalui program Gerakan Menuju Smart City. terima kasih juga kepada para pembimbing dan tenaga ahli yang sampai dengan saat ini, telah membantu kami dalam rangka penyusunan master plan Smart City,” jelasnya.

“Saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti Bimtek ini dengan baik. Sehingga melalui kegiatan ini dapat mewujudkan Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera,” sambungnya. (fzr)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.