Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEkonomi dan BisnisMinahasa

BSG Launching KUR “Bohusami Bakobong” di Minahasa

×

BSG Launching KUR “Bohusami Bakobong” di Minahasa

Sebarkan artikel ini

KURmanadoterkini.com, TONDANO – Launching Pembiayaan KUR Bohusami Bakobong dan Baternak di perkebunan Sereh Wangi Kabupaten Minahasa di Desa Tountimomor, Kecamatan Kakas Barat, Kamis (14/10/2021)

Industri pertanian dan peternakan di Sulawesi Utara (Sulut) memiliki potensi yang sangat besar.

Namun sayangnya, masih banyak para pekerja di Industri ini yang belum merasakan kesejahteraan. Karena kurangnya permodalan, pengetahuan belum lagi diperhadapkan dengan adanya penipuan pinjaman yang marak terjadi.

Menjawab persoalan ini, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Wilayah Sulut dan Gorontalo (BSG) meluncurkan jenis pembiaayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) “Bohusami Bakobong”, dengan skema pembiayaan yang aman,  murah dan cepat, di Kabupaten Minahasa.

Direktur Utama (Dirut) BSG Revino Pepah menekankan, Bohusami Bakobong dan Bohusami Beternak merupakan terobosan BSG dalam meningkatkan kesejahteraan para petani, peternak serta pelaku UMKM.

Dia memastikan, ekosistem pembiayaan ini murah, aman dan melalui proses yang cepat.

“BSG optimis sektor ini akan semakin tumbuh dan kuat untuk menopang ekonomi di Sulut dan Gorontalo,” yakinnya.

Sementara itu Kepala OJK Sulutgomalut, Darwisman mengapresiasi terobosan yang dilakukan BSG tersebut.

Dia menuturkan, akses keuangan merupakan hak dasar seluruh masyarakat serta memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf hidup dan mewujudkan kemandirian ekonomi.

Oleh sebab itu perluasan akses keuangan menjadi prioritas pemerintah dalam mendukung pembangunan nasional.

“Atas dasar itu Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah telah menginisiasi berbagai program salah satunya ‘Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir’ yang langsung bersentuhan dengan masyarakat khususnya petnai, peternak dan UMKM,” katanya.

Lanjutnya, Bohusami Bakobong adalah bukti nyata BSG dalam memberikan kontribusi untuk pengembangan ekonomi daerah.

“BSG memberikan kontribusi yang posutif untuk pengembangan ekonomi di Daerah. Semoga Bohusami Bakobong ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” harapnya.

Di sisi lain, Bupati Minahasa Royke Octavian Roring berterima kasih kepada BSG karena sudah membantu para petani dan peternak di Minahasa. Khususnya para petani serai.

“Tanaman Serai menjadi potensi ekspor dari Sulut. Dengan adanya KUR Bohusami Bakobong, tanaman ini akan mengalami peningkatan, ” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso bersama jajaran, Kepala Kantor Perwakilan BI Sulawesi Utara Arbonas Hutabarat, Kepala Perwakilan OJK Sulut Darwisman, Dirut Bank Sulutgo Revino Pepah juga Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si dan Wakil Bupati, Dr. (H.C) Robby Dondokambey, S.S dan Wakil Wali kota Tomohon Wenny Lumentut. (*/malz)