Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Satpol-PP Sulut Edukasi Masyarakat Pentingnya Prokes dan Vaksinasi

×

Satpol-PP Sulut Edukasi Masyarakat Pentingnya Prokes dan Vaksinasi

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Provinsi Sulawesi Utara menggelar pemantauan dan himbauan secara humanis kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan (Prokes) dan vaksinasi, serta pemeriksaan penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi dan Kartu Vaksin, pada Rabu (8/12/2021).

Hal ini dilakukan jelang akhir tahun 2021 terlebih mengahadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru), penerapan Prokes dan vaksinasi terus digenjot pemerintah pusat hingga daerah.

Sebagaimana instruksi dari Gubernur Olly Dondokambey yang langsung ditinjaklanjuti Kasat Pol-PP Sulut, Farly Kotambunan melaui Kabid Rantib (Ketentraman dan Ketertiban), Valentino Sinaga yang memimpin langsung giat inspeksi mendadak (sidak) terkait pemantauan penerapan prokes dan vaksinasi disejumlah lokasi di Kota Manado.

Sidak kali ini menargetkan tempat-tempat keramaian seperti, pusat pembelanjaan, rumah makan hingga kos-kosan pun dari hasil testimoni melalui wawancara langsung kepada masyarakat yang ada di lokasi, banyak yang sudah sadar mematuhi prokes dan telah divaksin.

Robert N, yang merupakan manager disalah satu pusat pembelanjaan ternama di wilayah Tikala pun mengungkapkan, selain mendukung program dan aturan yang diterapkan bagi karyawannya cukup ketat dalam penerapan prokes seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan serta wajib vaksin.

“Saya sangat mendukung program pemerintah provinsi, ini sangat baik dalam menekan angka Covid19 di Sulut. Sekali lagi kami akan selalu memerhatikan protokol kesehatan, baik dari pembeli dan juga karyawan kami,” tutur Robert kepada wartawan.

Hal yang sama juga diungkapkan Jhon penanggungjawab kos-kosan di wilayah Dendengan Luar bahwa, secara tegas pihaknya sangat teliti di era pandemi saat ini dalam menerima orang yang ingin menyewa tinggal di kos-kosan, terutama dalam hal kesehatan.

“Terima kasih untuk Satpol-PP Sulut, langkah yang sangat baik dalam melakukan pemantauan dan himbauan ini. Kami sangat mendukung program ini terlebih untuk kesehatan sangatlah penting,” jelasnya kepada wartawan.

Senada dikatakan pemilik salah satu rumah makan ternama di Manado, Fien, bahwa sangat baik program dari pemerintah ini dan memang sudah sepatutnya melakukan himbauan mengajak vaksinasi dan patuhi protokol kesehatan.

“Kami selaku pihak rumah makan, terus menerapkan prokes seperti menyediakan tempat cuci tangan sangat penting dan menjaga jarak duduk para pembeli yang ingin makan di rumah makan ini. Terima kasih yang pasti kami mendukung program pemerintah provinsi tentang himbauan soal menjaga kesehatan dan vaksinasi,” ungkap ibu Fien kepada wartawan.

Usai melaksanakan kegiatan tersebut, oleh Kabid Rantib Satpol-PP Sulut, Valentino Sinaga menjelaskan bahwa giat patroli (tadi malam) selain bentuk support gerak cepat dalam menekan angka penyebaran COVID-19 di Sulut terlebih menghadapi Natal Tahun Baru, serta menindaklanjuti instruksi Gubernur kepada Kasat Pol PP dalam mengedukasikan kepada masyarakat tentang vaksinasi. Sebagaimana dalam capaian Pemerintah Provinsi Sulut untuk melebihi angka dari 70 persen.

“Kami memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi bagi yang belum di vaksin dan memberitahukan gerai-gerai pelaksanan vaksinasi.”

“Kalau yang sudah, itu tetap diberikan edukasi dalam menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Disamping itu kami, menganjurkan kepada masyarakat selalu membawa surat vaksin dan mendownload aplikasi Peduli Lindungi,” jelas Sinaga. (*/Rizath)