Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEkonomi dan Bisnis

Pemprov Apresiasi Gebrakan Kadin Sulut Sukses Laksanakan Workshop Transformasi Digital

×

Pemprov Apresiasi Gebrakan Kadin Sulut Sukses Laksanakan Workshop Transformasi Digital

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyambut gembira serta merespon positif pelakaanaan acara Workshop Transformasi Digital Sulut “Innovation Driven Enterprise” yang diprakarsai oleh Kadin Sulut, Selasa (28/12/2021) secara virtual.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Sulut Evans Steven Liow S.Sos, MM mengatakan bahwa pelaksanaan ini (workshop) begitu relevan dengan kondisi sekarang, sekaligus memberikan apresiasi kepada Kadin.

“Kita tau bersama, bahwa transformasi digital, utamanya ekonomi digital telah menjadi kontributor besar bagi pertumbuhan ekonomi, telah menjadi penopang yang berhasil dalam memfasilitasi perdagangan, menciptakan lapangan kerja baru dan peluang-peluang ekonomi, serta memperluas pasar.”

“Transformasi digital, ekonomi digital juga telah mengubah tatanan di tengah kehidupan masyarakat ke arah yang semakin efektif, efisien dan praktis. Karena itu, disamping mendorong pengembangan transformasi digital, pengembangan ekonomi digital dalam kegiatan-kegiatan pemerintahan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan mengarahkan masyarakat untuk memanfaatkan teknologi digital yang sudah berkembang pesat, guna mendukung ekonomi digital,” jelas Olly.

Lanjut Olly, tahun 2022, menjadi momentum transformasi digital, ekonomi digital membuktikan diri untuk dapat menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di masa pandemi, ini merupakan peluang sekaligus tantangan yang kemudian menuntut Pemerintah Daerah mampu mengoptimalkan peranan-peranan ekonomi digital, antara lain: mendorong digitalisasi layanan ekonomi; mendorong perdagangan barang melalui layanan e-commerce, terlebih khusus untuk pelaku UMKM; serta memfasilitasi pembayaran dan penyaluran kredit.

sulutSelain itu, kata Olly yang juga menjadi tantangan adalah bagaimana memperbanyak masyarakat yang mampu menerapkan gaya hidup digital, serta mensolusikan isu-isu yang ada akibat penerapan gaya hidup digital di tengah masyarakat, untuk mengakselerasi gerak langkah dan pencapaian tujuan pembangunan di daerah, telebih khusus dalam pemulihan ekonomi.

“Sebagai bagian dari upaya mempengaruhi gaya hidup digital di tengah masyarakat, sekaligus penanganan dan penyelesaian dampak pandemi COVID-19, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di tahun ini masih komitmen melakukan interaksi online dengan masyarakat, antara lain, menyediakan platform digital atau tteknologi dan menjamin kualitas dan konsistensi suplai secara online untuk memenuhi permintaan pasar,” jelas Olly.

Olly menambahkan, Ekonomi digital akan dapat menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi pasca pandemi pada tahun 2022, jika kita berada dalam satu pemahaman, bersinergi, saling mengisi, dalam merangkul teknologi digital untuk ekonomi digital.

“Oleh karena itu, saya berharap dengan pelaksanaan Workshop ini akan semakin mengarahkan gaya hidup kita, gaya hidup masyarakat ke arah digital, sehingga bersama-sama kita bisa mendorong kreativitas dan perluasan kegiatan ekonomi masyarakat, yang sudah tentu dapat mendukung kemajuan daerah, mewujudkan “Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik”, serta berkontribusi terhadap pembangunan nasional untuk “Indonesia Maju” untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital, dan terus melahirkan inovasi-inovasi serta kreativitas dalam rangka melanjutkan pembangunan bangsa dan daerah, untuk kemajuan bersama,” tegas Olly.

Hadir dalam workshop tersebut, Ketua KADIN Sulawesi Utara Rio Dondokambey, Direksi BSG, Pimpinan Telkom, Pimpinan Lintasarta. (*/Rizath)