Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Olly Dondokambey Berdayakan Masyarakat Desa Kelolah Digitalisasi Pedesaan

×

Olly Dondokambey Berdayakan Masyarakat Desa Kelolah Digitalisasi Pedesaan

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Pembangunan Digitalisasi Informasi Pedesaan merupakan salah satu program utama pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam upaya transformasi digitalisasi pada jajaran pemerintahan Provinsi yang konektivitasnya terintegrasi mulai dari desa dan kelurahan.

“Hal inilah yang mendorong jajaran Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi Sulut bersama Badan Pemberdayaan Masyarakan dan pemerintah desa, Provinsi Sulut bekerjasama dengan pemerintah kabupaten kota dan instansi terkait untuk mewujudkan integrasi data,” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Daerah Sulut Evans Steven Liow SSos MM, Kamis (6/1/2022).

lanjut Liow, akhir bulan ini akan dicanangkan di Kabupaten Minahasa Utara Program Pembangunan Digitalisasi Informasi Pemerintah dan Program Pembangunan Digitalisasi Informasi Pedesaan yang akan dicanangkan di Kabupaten Minahasa oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Pembangunan ini untuk mempercepat pemberdayaan masyarakat lewat badan usaha milik desa, dimana Bumdes akan bekerjasama dengan beberapa provider dan komite percepatan pembangunan desa untuk mengelola jasa internet dan usaha lainnya termasuk peternakan, pertanian, perikanan dan perkebunan serta koperasi untuk dapat diberdayakan.

Hal utama yang akan dibangun kata Liow adalah pelayanan umum kepada masyarakat termasuk didalamnya masyarakat mendapat jasa TV digital, Internet di setiap Rumah dan bahkan pintu masuk keluar desa memiliki jaringan CCTV.

“Bahkan ada spot tertentu di desa ada Wifi gratis. pelayanan dikantor desa dan monitoring pembangunan serta kegiatan sosial kemasyarakatan dapat didukung dengan teknologi informasi. Dan Bumdes mengelola jasa internet di rumah warga yang menjadi Langganan Jasa internet bekerja sama dengan Provider,” jelas Liow. (*/Rizath)