DPR RI Tetapkan Malonda Cs Bawaslu RI Periode 2022-2027

Malonda
Herwyn Jefler Hielsa Malonda. (ist)

manadoterkini.com, JAKARTA – Akhirnya salah satu dari lima anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027 adalah putra Sulawesi Utara Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Dimana nama Ketua Bawaslu Sulut itu bertengger di urutan kelima dalam draft penetapan setelah melalui Fit and Proper Test. Komisi II DPR RI menetapkan 5 anggota Bawaslu serta 7 orang Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan metode voting atau pemungutan suara, Kamis (17/02/2022) dinihari tadi.

Terpilihnya Herwyn Malonda sebagai salah satu anggota Bawaslu RI, disambut dengan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menurut dia, ini semua adalah pemberian Tuhan.

“Terima kasih, terima kasih. Ini semua dari Tuhan. Ya, sangat bersyukur kepada Tuhan atas hasil ini,” tutur Herwyn.

Ia juga bersyukur karena semua tahapan seleksi bahkan sejak persiapan mengikuti tahapan ini, dapat dilakukan dengan segala baik.

“Terima kasih, sekali lagi terima kasih, juga atas doa dan dukungan masyarakat Sulut,” tukasnya.

Diketahui, sebelum voting, Komisi II DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test yang diikuti 14 Calon Anggota KPU dan 10 orang Calon Anggota Bawaslu mengikuti sesi wawancara sejak Senin hingga Rabu (14-16/02/2022).

Pemungutan dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama untuk menentukan anggota KPU, sedangkan sesi kedua untuk menentukan anggota Bawaslu.

Namun sayang, utusan Sulut lainnya yakni Yessy Momongan,  Calon Anggota KPU RI, belum terpilih. Nama Yessy tidak masuk dalam penetapan yang dilakukan Komisi II DPR RI.

Nama-nama terpilih akan dibawa ke Sidang Paripurna untuk ditetapkan. Kemudian, daftar nama anggota KPU dan Bawaslu terpilih dikirim ke Presiden Joko Widodo untuk dilantik.

Berikut nama anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 yang terpilih:

  • Bawaslu
  1. Lolly Suhenty
  2. Puadi
  3. Rahmat Bagja
  4. Totok Hariyono
  5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda
  • KPU
  1. Betty Epsilon Idroos
  2. Hasyim Asy’ari
  3. Mochammad Afifudin
  4. Parsadaan Harahap
  5. Yulianto Sudrajat
  6. Idham Holik
  7. August Mellaz

(***/malz)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.