Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Bitung Miliki Petensi Pariwisata Unggul

sulutmanadoterkini.com, BITUNG – “Dari semua presentasi kepala daerah yang saya dengar, presentasi Wali Kota Bitung Maurits Mantiri yang paling terbaik. Karena sampai menyinggung metavere dan dilengkapi dengan dokumentasi video dan dapat diserap dengan baik,” Demikian kutipan sambutan awal Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno saat berkunjung di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Angus, Rabu (16/2/2022).

Kedatangan Menparekraf tersebut, dalam rangka penyerahan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 dan rencana Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.

Sebelum penyerahan tersebut, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mempresentasikan potensi wisata selat Lembeh yang merupakan surga tersembunyi dilakukan melalui zoom meeting.

Maurits menjelaska nkarena, selat lembeh sebagai situs muck diving atau lokasi selam dengan dasar laut berpasir terbaik di dunia.

“Kecantikan biota laut yang ada di selat lembeh merupakan objek yang mahal bagi pecinta fotografi bawah air. Itu sebabnya selat lembeh mendapat sebutan (The mecca of macro photograpy),” ujar Maurits.

Mantiri juga menyampaikan bahwa kondisi geologi selat lembeh sangat unik serta bentuk geometric selat yang khas menyerupai mulut naga. selat ini mengalirkan arus laut bolak-balik yang kuat dari laut sulawesi dan samudera pasifik.

“Karakter arus bolak-balik ini menyebabkan efek eutrofikasi yang membawa nutrisi dari substrat batuan vulkanik yang kaya mineral sebagai bahan makanan yang berlimpah bagi berbagai makhluk yang hidup di dasar selat. oleh sebab itu, sangat logis jika selat lembeh memiliki mahluk-mahluk dasar laut yang bentuk fisiknya tidak lazim, langka, unik dan mempesona serta beberapa spesies eksotis yang tidak terdapat di perairan lainnya,” tambahnya.

Terpisah, Menparekraf RI Sandiaga Uno mengatakan sangat bahagia berkunjung ke Bitung karena kota ini memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kita harus buka peluang usaha untuk ciptakan lapangan kerja. di Kota Bitung ini salah satu kota yang mengalami pertumbuhan yang baik di tengah pandemi. karena adanya kekuatan ekspor dari produk-produk yang memang memiliki keunggulan disini. mari kita gunakan kesempatan ini untuk program tepat sasaran, tepat manfaat dan temat waktu untuk menjawab kebutuhan masyarakat,” pungkas Sandiaga.

Tutut hadir mendampingi Menparekraf RI Sandiaga Uno, Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar, sekretaris Menparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Bid. Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Vincensius Jemadu, Staff Khusus Menteri Ario Prawiseso, Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan, Kapolres Bitung  Alam Kusuma, Dandim 1310 Bitung diwakili oleh Danramil Bitung Tengah, Badan Promosi Pariwisata Kota Bitung Hentje Pongoh, Kepala dinas pariwisata Kota Bitung Pingkan Kapoh, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sulawesi Utara Askhari Masiki, Investor PT. Taka Dewi  Wowor, stakeholders pelaku dan komunitas ekraf Sri Nurul Rianawati.

 

(Jorry)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.