Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Presiden RI Joko Widodo Resmikan Tol Sejauh 13,5 KM di Ruas Danowudu-Bitung

×

Presiden RI Joko Widodo Resmikan Tol Sejauh 13,5 KM di Ruas Danowudu-Bitung

Sebarkan artikel ini

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Presiden RI Joko Widodo meresmikan langsung Tol Manado-Bitung tepatnya jalur ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 KM. sebelumnya, pada bulan September 2020 lalu Presiden terlebih dulu meresmikan tol Manado–Bitung ruas Danowudu–Manado secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor.

Mengawali rangkaian acara jumat (25/2/2022), dalam sambutanya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyampaikan bahwa sebelum adanya Tol, waktu tempuh Bitung-Manado kurang lebih 1,5 jam namun sekarang dapat ditempuh hanya dengan waktu 30 menit saja. Ini menjadi satu bukti bahwa Presiden serta pemerintah pusat membangun Indonesia secara merata.

“Ini merupakan suatu komitmen yang luar biasa dari pemerintah pusat, dimana pembangunan dilakukan secara merata di Bagian Timur Indonesia,” ujar Olly seraya menambahkan walaupun dimasa pandemi saat ini, namun pertumbuhan ekomoni Sulut terus naik.

Sementara itu dalam sambutanya, Presiden mengatakan dengan tuntasnya ruas Danowudu–Bitung maka jalan tol Manado–Bitung telah terhubung secara penuh dengan total panjang 39,8 KM dan siap untuk dimanfaatkan serta mendukung seluruh aktifitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara.

“Jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang dari Manado ke Pelabuhan internasional Bitung juga nantinya akan diarahkan ke daerah Likupang setelah selesai semuanya,“ ucap Jokowi.

Lebih jauh Presiden berharap dari pembangunan ini akan muncul titik pertumbuhan ekonomi baru di Sulawesi Utara melebihi dari Nasional, karena di tahun 2021 saja Sulawesi Utara diatas dari pertumbuhan nasional.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini saya resmikan jalan tol Manado–Bitung ruas Danowudu–Bitung sepanjang 13,5 KM,” ujar Jokowi diikuti dengan menekan tombol sirine dan dilanjutkan penandatanganan prasasti.

Usai meresmikan ruas tol Donowudu-Bitung, Presiden bersama rombongan terbatas langsung berjalan kaki untuk meninjau jalan tol Manado–Bitung tersebut.

(Jorry)