Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Pemkab Minahasa Kucur 2,3 M Untuk Pilhut

×

Pemkab Minahasa Kucur 2,3 M Untuk Pilhut

Sebarkan artikel ini

minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Dari 227 desa yang ada di Kabupaten Minahasa, 98 diantaranya dipastikan melaksanakan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) tahun 2022 ini.

Untuk menyukseskan hajatan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) telah menyiapkan anggaran sebesar 2,3 miliar (M) rupiah.

“Keputusan Bupati Minahasa Nomor 144 tahun 2022 tentang desa-desa yang akan menggelar Pilhut sebanyak 98 desa di 25 kecamatan. Dana yang disediakan sebesar 2,3 miliar rupiah,” ujar Kepala Dinas PMD Kabupaten Minahasa Jeffry Tangkulung dalam momentum Launching Pilhut dan penyerahan surat keputusan bupati, yang dilaksanakan di Makatete Hills, Desa Warembungan Kecamatan Pineleng, Jumat (4/03/2022).

Sementara itu, Bupati Kabupaten Minahasa Royke Roring mengatakan, dengan peluncuran tahapan Pilhut ini, maka tahapan di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa mulai digelar.

“Launching Pilhut 98 desa telah dilaksanakan. Dengan begitu tahapannya telah berjalan. Jangka waktu tahapan selama 115 hari,” jelas Roring.

Dirinya meminta supaya dalam jalannya tahapan Pilhut, penerapan protokol kesehatan Covid-19 tetap dilaksanakan.

“Ini harus menjadi perhatian terkait protokol kesehatan. Mudah-mudahan pandemi Covid-19 akan segera berakhir,” pungkas Bupati.

Momentum launching Pilhut tersebut dihadiri juga oleh Wakil Bupati Robby Dondokambey, Kadis PMD Provinsi Sulawesi Utara Jemmy Kumendong, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Minahasa Riviva Maringka, Forkopimda Minahasa serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Agustifo Tumundo. Kepala Bagian Protokol Kabupaten Minahasa Jhonny Tendean serta sejumlah kepala OPD Minahasa lainya, camat se-Kabupaten Minahasa dan sejumlah hukum tua yang terundang. (fzr)