Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Edukasi dan ReligiMinahasa Selatan

FK UNIKA Soegijapranata Semarang KKN di Minsel, FDW : Kebutuhan tenaga kesehatan masih tinggi

×

FK UNIKA Soegijapranata Semarang KKN di Minsel, FDW : Kebutuhan tenaga kesehatan masih tinggi

Sebarkan artikel ini

minselmanadoterkini.com, MINSEL – Bupati Franky Donny Wongkar SH menyambut gembira Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNIKA Soegijapranata Semarang yang akan melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Komunitas di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Mengingat tenaga kesehatan di Minsel masih minim.

“Kami menyebut baik program ini, apalagi kebutuhan tenaga kesehatan masih tinggi,” ujar FDW di sela audensi bersama rombongan UNIKA di ruang tamu, Kantor Bupati Minsel, Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur, Senin (14/3/2022).

Bupati didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Benny V. J. Lumingkewas, Kepala Dinas Kesehatan dr. Erwin Schouten, dan Kabag. Kerja Sama Sekretariat Daerah, Plan O. Yonathan, S.STP.

Sementara  Fakultas Kedokteran UNIKA Soegijapranata Semarang  diwakili dr. Indra Adi Susianto, MSi. Med, Sp.OG selaku Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Fransiska P. Hardimarta, MSi. Med selaku Ka. Program Studi, Perigrinus H. Sebong, MPH (Programer FL-KKN Komunitas), dr. Vania Angeline Bachtlar, Sp.N (Sekretaris Satgas Persiapan KKN).

Asal tahu saja, program KKN komunitas merupakan salah satu komponen dari proses perencanaan karir yang tersedia bagi mahasiswa FK Unika Soegijapranata.

Program ini dirancang untuk mengintegrasikan mahasiswa, sistem kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, populasi, dan Perguruan Tinggi dalam kemitraan guna mempersiapkan calon dokter profesional sekaligus memberi pengalaman karir lebih awal kepada mahasiswa.

Program KKN komunitas memiliki  tujuan, Pertama: menyediakan sumber daya untuk membantu pemerintah daerah di bidang pelayanan kesehatan, kesehatan masyarakat, pemanfaatan herbal untuk medis, layanan sosial;

Kedua: membantu kapasitas dinas kesehatan dan Puskesmas untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas mereka secara keseluruhan dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat.

Ketiga: memberikan mahasiswa kedokteran FK Unika Soegijapranata pengalaman belajar terapan yang berharga dengan menghubungkan mereka dengan peluang di komunitas yang menghadapi kesenjangan kesehatan masyarakat dan masalah sosial-ekonomi lainnya yang berdampak pada kesehatan.

Program KKN Komunitas adalah program inovatif FK Unika Soegijapranata yang memiliki tujuan membantu fasilitas pelayanan kesehatan dan masyarakat dengan berfokus langsung pada penanganan masalah kesehatan masyarakat atau kesenjangan kesehatan di komunitas yang kurang terlayani, yang memiliki tantangan sosial, geografis dan ekonomi terutama di DTPK. (*/aldi)