‘Curhat’ Seniman Manado, Adrey Laikun Lobi Kemendikbudristek

Curhat Seniman Manado, Adrey Laikun Lobi Kemendikbudristek

Adrey Laikunmanadoterkini.com, MANADO – Kerinduan adanya Gedung Kesenian representative agar focus mengembangkan bakat, diam-diam diluapkan beberapa seniman Kota Manado kepada Wakil DPRD Adrey Laikun ST.

Tak ayal, curahan hati (curhat) para seniman itu langsung ditindaklanjuti Politisi Partai NasDem tersebut ke pemerintah pusat melalui Kemendikbudristek RI (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) di Jakarta, Kamis (9/6/2022) kemarin.

‘’Mendengar aspirasi para seniman itu, Manado memang butuh Gedung Kesenian representatif sebagai tempat pagelaran pertunjukan seni tari, teater, sastra, musik dan lain-lain. Bahkan, Gedung Kesenian bisa dijadikan sarana untuk melestarikan adat dan budaya,‘’ kata Laikun.

Lanjutnya, seni, budaya dan manusia memiliki hubungan erat yang tidak bisa dipisahkan. Di mana ada manusia, di situ ada kesenian dan budaya. Melalui seni, bisa mengekspresikan diri dan bahkan meningkatkan kreativitas dalam bekerja maupun kehidupan sehari-hari.

‘’Saya kira banyak dampak positifnya bagi masyarakat Manado. Makanya tidak ada salahnya langsung menindaklanjuti aspirasi para seniman dengan bertolak ke Jakarta melakukan kunjungan kerja di Kemendikbudristek,” tuturnya.

Gayung bersambut usahanya memperjuangkan pembangunan Gedung Kesenian di Manado, disambut baik dan diapresiasi Sekretaris Direktorat Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Kemendikbudristek, Fitra Arda, namun ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

“Persyaratan yang harus dipenuhi Dinas Pendidikan Manado salah satunya harus punya Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD), itu kita belum punya. Persyaratan lain Kementerian akan bantu lengkapi,’’ jelasnya.

Jika persyaratan tersebut sudah lengkap, Kemendikbudristek akan turun survey lokasi, kemudian dana turun dari Kementerian.

‘’Nantinya Dinas PUPR yang akan bangun Gedung Kesenian tersebut. Kita doakan saja semua lancar dan tentunya didukung Pemkot Manado,” beber Laikun.

Sebagai wakil rakyat, Adrey Laikun selalu memperjuangkan aspirasi rakyat untuk kemajuan dan kesejahteraan para warga. (*/aldi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.