Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Sembilan Daerah di Sulut Raih Penghargaan Layak Anak

×

Sembilan Daerah di Sulut Raih Penghargaan Layak Anak

Sebarkan artikel ini

sulut– Ada 9 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulut mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan

Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI, penghargaan tersebut adalah sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

Hal ini pun mendapat apresiasi yang tinggi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas P3AD) Sulawesi Utara (Sulut), dr Kartika Devi Tanos MARS.

“Kita mendapatkan sembilan penghargaan di sembilan kabupaten/kota di Sulut sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Ini merupakan peningkatan yang sangat signifikan untuk pelayanan terhadap hak – hak anak. Jadi, sangat membanggakan bagi Sulut,” kata dr Devi di Kantor Gubernur, Jumat (5/8/2022).

Menurut dr Devi, pihaknya akan terus mendorong agar penghargaan tersebut terus diraih Kabupaten/Kota yang belum meraih penghargaan, agar nantinya Sulut mencapai dan meraih penghargaan sebagai Provinsi Layak Anak.

Ia menyebutkan bahwa peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Provinsi akan dilaksanakan di Kota Manado pada Sabtu (6/8/2022).

dr Devi menjelaskan dalam peringatan HAN tingkat Provinsi Sulut ada sejumlah penghargaan diberikan sesuai dengan cluster. Ada lima Cluster pun disiapkan, yakni, Cluster Pertama, ada salah satu indikator banyak jumlah anak dilihat dari akte kelahiran.

“Kita bekerja sama dengan Dinas Dukcapil-KB dan BKKBN, karena mereka yang tahu mana kabupaten/kota yang banyak akte kelahiran,” ungkap dr Devi.

“Cluster Kedua mengenai PAUD dan pendidikan lainnya. Itu kerja sama dengan BKKBN dilihat mana kabupaten/kota seperti Puspaka yang aktif,” tuturnya.

Kemudian penghargaan diberikan melalui Cluster Kesehatan. Kata Devi pihaknya menggandeng mitra seperti Dinas Kesehatan.

“Kita lihat Puskesmas ramah anak dan cakupan imunisasi tertinggi di kabupaten/kota,” terangnya.

Cluster Pendidikan, dimana penghargaan akan diberikan melihat indikator yang diketahui dari mitra kerjanya yakni Dinas Pendidikan.

“Kita cari kabupaten/kota mana paling banyak punya sekolah ramah anak,” ujarnya.

Untuk cluster ini juga akan ada penghargaan kepada tiga peserta terbaik penulis cerita anak Sulawesi Utara. Penghargaan ini bekerja sama dengan Balai Bahasa.

“Hadiah akan diberikan Ibu Gubernur Sulut selaku Bunda PAUD, Ibu Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan,” ungkapnya.

Cluster Pelayanan dari kabupaten/kota mengenai pelayanan pencegahan kekerasan terhadap anak.

“Indikatornya dari UPTD-PPA kami di provinsi dan yang ada di kabupaten/kota. Polres mana yang Gercep (Gerak Cepat) dalam penanganan kasus kekerasan terhadap anak. Ada tiga Polres terbaik menurut kabupaten/kota,” terangnya. (*/Rizath)