Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEkonomi dan BisnisLiputan KhususPemerintahan

Gubernur Olly Bersyukur Ekonomi Sulut Tumbuh di Atas Nasional

×

Gubernur Olly Bersyukur Ekonomi Sulut Tumbuh di Atas Nasional

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara menunjukkan progres baik. Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut mencatat ekonomi Sulut di triwulan II 2022 tumbuh 5,93% secara year on year atau di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,44%.

sulutGubernur Sulut Olly Dondokambey bersyukur atas membaiknya kondisi perekonomian meski Pandemi Covid-19 belum usai. Keseimbangan baru dalam perekonomian telah mulai terbentuk. Dua triwulan sebelumnya, ekonomi Sulut tumbuh dibawah rata-rata nasional.

“Kondisi ini harus kita syukuri. Kerja keras dan sinergi kita bersama dalam mengendalikan Covid-19 mulai menunjukkan hasil. Pertumbuhan ekonomi Sulut naik 5,93% pada triwulan II-2022. Pertumbuhan ini posisinya berada di atas pertumbuhan nasional yakni 5,44%,” ujar Olly di Manado, Jumat (5/8/2022).

sulutDiketahui, perekonomian Sulut berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan II-2022 mencapai Rp38,34 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp23,79 triliun.

Gubernur Olly menerangkan, pertumbuhan ekonomi Sulut ini didominasi lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan yang tumbuh 22,38%.

Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen Pengeluaran Konsumsi LNPRT (Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga) yang mengalami pertumbuhan sebesar 8,74 persen.

sulutAdapun ekonomi Sulut triwulan II-2022 secara quarter-to-quarter mengalami pertumbuhan sebesar 5,13 persen.

Dari sisi produksi, Gubernur Olly menuturkan sebagian besar lapangan usaha tumbuh positif dengan pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial Wajib, yakni sebesar 19,93 persen.

sulutPada sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah yang tumbuh sebesar 27,61 persen.

Secara kumulatif, ekonomi Sulut semester I-2022 dibandingkan semester I-2021 tumbuh sebesar 4,93 persen. (Adv/Kominfo Sulut)